Percepat Penurunan Stunting di Kubu Raya dengan Program Pasti

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) memulai program Pasti Kabupaten Kubu Raya, pada Selasa (10/09/2024).

Pasti yang merupakan akronim dari Partner to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia adalah program kemitraan dengan BKKBN untuk mengakselerasi percepatan penurunan stunting dan perbaikan status gizi di Indonesia hingga Januari 2027.

Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengungkapkan, program Pasti melibatkan sejumlah pihak seperti USAID, Tanoto Foundation, AMMAN, BCA, dan Yayasan Bakti Barito.

“Pencegahan dan penurunan stunting memerlukan keterlibatan multipihak dan kolaborasi antara pemerintah dengan dukungan dari NGO/CSO, dunia usaha, akademisi, media, masyarakat,” kata Kamaruzaman usai kegiatan.

Kamaruzaman menyambut baik program Pasti yang di Kubu Raya diimplementasikan oleh WVI. Dirinya berharap upaya yang dilakukan melalui program tersebut dapat mengatasi sejumlah permasalahan yang dihadapi terutama di desa yang menjadi wilayah dampingan.

“Upaya penanggulangan stunting dimulai sejak sebelum kehamilan atau masa remaja, kehamilan, dan usia sebelum dua tahun. Sehingga dapat dicegah munculnya anak stunting baru,” ujarnya.

Kamaruzaman menerangkan  angka prevalensi stunting di Kubu Raya telah turun dari 27,6 persen di tahun 2022 menjadi 24,5 persen di 2023.

“Hal ini merupakan buah dari kerja keras dan kerja kolaboratif semua unsur yang terlibat. Namun masih perlu upaya lebih keras untuk mengejar target nasional 2024 yaitu sebesar 14 persen,” sebutnya.

Perwakilan Wahana Visi Indonesia, Daniel Tamba menjelaskan, bahwa program Pasti berkontribusi pada penurunan stunting dengan tiga pendekatan utama, yaitu intervensi gizi terpadu berbasis konteks lokal dan komunikasi perubahan perilaku yang menyasar keluarga berisiko stunting.

“Selain itu peningkatan kesadaran terkait stunting bagi remaja dan calon pengantin serta penguatan kelembagaan antar pemangku kepentingan,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

4 hours ago