Kagama Kalbar Ikut Dampingi Jokowi Tinjau Kawasan Wanagama Nusantara di Ibu Kota Nusantara

KalbarOnline, Kaltim – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan sekaligus pencanangan kawasan Wanagama Nusantara di Zona Rimba Kota B, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/09/2024).

Pencanangan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat kelestarian lingkungan dan pendidikan berkelanjutan di IKN. Wanagama sendiri merupakan hutan pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pengurus Daerah (Pengda) Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pun ikut serta hadir dalam prosesi pencanangan tersebut. Kehadiran Ketua Pengda Kagama Kalbar, Harisson kala itu diwakili oleh Pengurus bidang Kemitraan dan Informasi, Taufiqurrahman dan Muhammad Zukhaidir.

Acara ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai Smart Forest City.

Wanagama Nusantara adalah inisiatif UGM yang berfokus pada pengembangan hutan pendidikan dan penelitian lintas disiplin seluas 621 hektar di kawasan inti Pusat Pemerintahan IKN. Tujuannya adalah untuk menjadikan model restorasi hutan hujan tropis untuk mengatur hidrologi dan iklim mikro di IKN, serta menjadi sarana konservasi jenis-jenis tanaman asli hutan hujan tropis.

Program utama Wanagama Nusantara ini meliputi pengembangan zonasi hutan pendidikan, pengembangan Institute for Future Life sebagai fasilitas pendidikan dan penelitian dengan konsep Smart and Green Building, serta restorasi, reforestasi, dan enrichment planting.

Wanagama Nusantara akan berperan sebagai penyerap karbon dan pengendali kawasan terbangun untuk meminimalkan emisi. Program enrichment planting akan meningkatkan keragaman tanaman dengan penanaman spesies endemik Kalimantan seperti tengkawang, meranti merah dan ulin.

Ketua Pengda Kagama Kalbar, Harisson mengajak seluruh alumni UGM di Kalbar untuk mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari kontribusi almamater dalam pembangunan nasional, khususnya pengembangan Ibu Kota Nusantara yang berkelanjutan.

“Mari kita bersama memberikan kontribusi mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan,” ajak Harisson. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Lismaryani Sutarmidji: Duka Mendalam Untuk Relawan Kemanusiaan Kami

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji menyampaikan duka mendalam…

5 mins ago

Harisson dan Windy Sampaikan Duka Relawan PMI yang Meninggal Dunia Akibat Musibah Alam

KalbarOnline, Kubu Raya - Kabar duka datang dari kegiatan perkemahan relawan Palang Merah Indonesia (PMI)…

6 mins ago

Ani Sofian Hadiri Malam Pisah Sambut DPRD Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Suasana haru mewarnai silaturahmi dan malam pisah sambut Anggota DPRD Kota Pontianak…

8 mins ago

Menteri AHY Tekankan Pengadaan Tanah Harus Utamakan Keadilan

KalbarOnline, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

10 mins ago

Ria Norsan Khusyuk Ikuti Tradisi dan Ritual Adat di Aqiqah Anak Sultan Sambas

KalbarOnline, Sambas - Ria Norsan didampingi istrinya, Erlina Norsan menghadiri acara aqiqah dan tasmiyah Raden…

14 hours ago

SE Wali Kota: Seluruh Pelaku Usaha di Pontianak Dilarang Sediakan Kantong Plastik

KalbarOnline, Pontianak – Mulai tanggal 1 Januari 2025, seluruh pelaku usaha dilarang menyediakan kantong plastik.…

14 hours ago