PT LAP dan PT MP Gelar Sosialisasi dan Edukasi dan Cegah Karhutla di Kabupaten Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – PT Lestari Abadi Perkasa (LAP) dan PT Mentari Pratama (MP) kembali memberikan sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada masyarakat di lingkungan perusahaan beberapa waktu lalu.

Perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit itu melakukan kegiatan sosialisasi di 19 Desa pada tiga kecamatan, yaitu 14 Desa di Tumbang Titi, 2 Desa di Kecamatan Pemahan 3 Desa di Kecamatan Nanga Tayap.

Dalam kegiatan itu, turut diundang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perkim LH, Distanakbun dan Manggala Agni Daops Kabupaten Ketapang sebagai narasumber dan Forkopimcam Kecamatan Nanga Tayap, Pemahan dan Tumbang Titi.

Di sela acara, GM PT LAP dan PT MP Pratama, Suwandi melalui Manager Humas Syafrudin mengatakan, kalau tujuan sosialisasi karhutla ini ialah untuk me-refresh kembali dan meningkatkan kesadaran serta pengetahuan terutama bagi para peserta yang hadir tentang pentingnya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sejak dini.

“Sekaligus ini juga merupakan upaya-upaya yang harus dilakukan perusahaan untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam. Selain upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla dan juga sarana prasarana yang dimiliki oleh perusahaan,” ucapnya, Sabtu (15/09/2024)

Sambutan juga disampaikan oleh Kapolsek Nanga Tayap, Adhie yang menekankan komitmen perusahaan dalam mengawasi dan mengelola pembukaan lahan secara aman serta memberikan dukungan kepada masyarakat lokal dalam upaya pencegahan karhutla.

“Pencegahan ini bisa terjadi tentunya tidak terlepas dari semangat kolaborasi dengan semua pihak yang selaras dengan visi misi kami untuk mencegah dan menanggulangi karhutla,” ujarnya.

Selain itu, Camat Pemahan, Hermansyahwiran juga menyampaikan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat desa dalam mencegah terjadinya karhutla. Ia juga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi tersebut.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semangkin meningkat,” katanya.

Para peserta sosialisasi juga diberikan pengetahuan dan pembekalan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ketapang dan Manggala Agni Daops Kabupaten Ketapang mengenai teknik teknik pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta sifat-sifat kimia api.

Pihak perusahaan berharap, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat desa di Kecamatan Nanga Tayap, Pemahan dan Tumbang Titi, dapat lebih menyadari dan proaktif dalam menjaga lingkungan serta mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah mereka.

“Semoga kegiatan sosialisasi seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk menjaga kelestarian lingkungan agar terjaga dengan baik,” katanya. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago