Peringatan Maulid Jadi Momentum Aktualisasi Nilai Keteladanan Nabi Muhammad Saw

KalbarOnline, Ketapang – Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Heryandi menghadiri tabligh akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446H/2024M, di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Sabtu (14/09/2024) malam.

Tabligh akbar ini diselenggarakan Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dengan penceramah KH Abdullah Al Faqir, dengan mengusung tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Sebagai Bekal Membangun Pribadi Yang Unggul”.

“Saya berharap semoga intisari yang akan disampaikan pada Tabligh Akbar ini, nanti dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Heryandi membacakan sambutan Wakil Bupati Ketapang.

Dirinya lalu mengatakan, kalau peringatan ini merupakan momentum penting untuk mengaktualisasikan nilai-nilai universal sebagai keteladanan yang baik bagi semua. Agar umat Islam khususnya, memahami dan menghayati misi kelahiran dan meneladani Nabi Muhammad SAW untuk membangun tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Saya menghimbau dan mengajak hadirin sekalian dan masyarakat Kabupaten Ketapang khususnya agar dapat mengikuti atau mencontoh sikap teladan dari nabi besar kita Muhammad SAW,” ajaknya.

Selain itu, lanjut Heryandi, adapun makna yang paling mendasar dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengevaluasi sejauh mana kita sebagai umat mampu mencontoh keteladanan yang melekat pada diri Rasulullah SAW, baik dalam aspek ibadah ritual maupun aspek ibadah sosial.

“Kegiatan seperti ini merupakan wujud eksistensi kita sebagai wadah untuk menjalin persaudaraan sesama umat muslim, oleh karena itu melalui kegiatan ini. Saya berharap dapat menguatkan tali persaudaraan serta meningkatkan syiar yang berdampak pada perilaku masyarakat Kabupaten Ketapang, khususnya kesadaran masyarakat agar lebih termotivasi dalam mengamalkan ajaran-ajaran agama secara maksimal,” urainya.

“Semoga dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1446 Hijriyah ini. Kita dapat mempererat Ukhuwah Islamiyah, menjadikan ketaqwaan kita sempurna, sehingga kita selalu hidup berdampingan antar sesama yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan,” pungkas Heryandi.

Selanjutnya dalam kegiatan ini, panitia juga memberikan memberikan santunan kepada anak yatim. Selain itu, diserahkan pula hadiah berupa trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan pada peserta yang mendapat juara perlombaan dalam rangka menyemarakkan maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan PHBI Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang.

Adapun para peserta yang mendapat juara sebagai berikut:

I. Pemenang Lomba Albarzanji; Juara 1  Majelis Taklim Nur Asmaul Husna. Juara 2 Majelis Taklim Baburahman. Juara 3 Majelis Taklim Khadijatul Qubro. Juara 4 Majelis Taklim Al Jannatu Naim. Juara 5 Majelis Taklim Baiturahmah dan Juara 6 Majelis Taklimm Fatimatul Zahro.

II. Pemenang Lomba Qasidah ; Juara 1 Majelis Taklim Nur Asmaul Husna. Juara 2 Majelis Taklim Nurrahmah. Juara 3 Majelis Taklim Baitul Makmur dan Juara 4. Majelis Taklim Fatwa Hasanah.

III. Pemenang Lomba Tar Hadrah ; Juara 1. Hadrah TK, Juara 2. Hadrah Sukaharja dan  Juara 3. Hadrah Pematang Buluh

VI. Pemenang Lomba Ceramah Bahasa Arab Tingkat SMP/ Mts ; Juara 1. Haidar SMP Ma’arif, Juara 2. M. Wahyu Givandra MTSN 02 KTP, Juara 3. Iknaya Bilqis Syakinah MTS Ulil Albab, Juara 4. Bella Saputri MTS AL-Jihad dan Juara 5. Haris Fadilah Siregar SMPN 6 KTP.

V. Pemenang Lomba Ceramah Bahasa Inggris tingkat SMP/Mts Juara 1. Nursyadila MTSN 01 KTP, Juara 2. Damar Tio Saputra SMP AL Jihad, Juara 3. Ganis Arianti MTS Ulil Albab dan Juara 4. Anggi Meidira Azzahra SMPN 06 KTP. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

13 hours ago