Wabup Kapuas Hulu Buka OSMB-PKBJJ Program Diploma dan Sarjana Universitas Terbuka Pontianak 

KalbarOnline, Putussibau – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka Orientasi Studi Mahasiswa Baru dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (OSMB-PKBJJ) pada Program Diploma dan Sarjana, Universitas Terbuka Pontianak Tahun 2024, di Putussibau, Sabtu (14/09/2024).

Wahyudi Hidayat dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Namun, tidak semua orang mampu mengakses pendidikan secara langsung atau tatap muka, dengan berbagai alasan seperti jarak, waktu maupun biaya.

“Namun, pada saat ini, kita memiliki teknologi dan metode baru untuk memfasilitasi pendidikan jarak jauh, yang bukan hanya efektif tetapi juga efisien dan ekonomis,” sampainya.

Diterangkan Wahyudi, kalau pemerintah kabupaten berkomitmen untuk mendorong pendidikan jarak jauh yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti OSMB-PKBJJ ini, yang juga bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan belajar jarak jauh, yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar.

“Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta dapat mengakses bahan belajar dan memahami materi pembelajaran,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikannya, program diploma dan sarjana Universitas Terbuka mempunyai fleksibilitas yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan, sehingga banyak peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk melanjutkan pendidikan mereka.

“Hal ini juga didukung oleh tekhnologi terbaru yang memungkinkan peserta didik untuk mengakses bahan belajar dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, penting bagi kita untuk memahami manfaat dari pendidikan jarak jauh ini,” katanya.

Menurutnya, pendidikan jarak jauh juga dapat membantu orang-orang yang tidak mampu mengikuti program pendidikan reguler karena kendala geografis atau finansial, menjadi lebih mudah dan terjangkau.

“Pendidikan jarak jauh dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di setiap daerah, yang pada gilirannya akan memperbaiki standar hidup dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi dan teknologi” jelasnya. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago