24 Wajah Baru Hiasi DPRD Kota Pontianak Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 45 Anggota DPRD Kota Pontianak masa jabatan 2024 – 2029 resmi dilantik dan diambil sumpahnya, pada Selasa (17/09/2024). Dari jumlah tersebut 24 orang diantaranya merupakan wajah baru.

Prosesi pelantikan wakil rakyat tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berjalan dengan khidmat. Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah/janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Pontianak, Akhmad Fijiarsyah Joko Sutrisno.

Rapat Paripurna yang merupakan bagian dari masa persidangan pertama tahun 2024 – 2025 ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, dan digelar terbuka untuk umum. Pelantikan ini juga turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson dan Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian.

Pada rapat paripurna ini, Satarudin yang berasal dari PDI Perjuangan didaulat sebagai Ketua Sementara DPRD Kota Pontianak 2024 – 2025. Dia didampingi oleh Wakil Ketua Sementara Naufal Ba’bud dari Partai Gerindra.

Satarudin mengungkapkan, bahwa pada periode sebelumnya, DPRD Kota Pontianak telah berjalan dengan baik. Namun, dirinya merasa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di periode yang baru ini.

“Tentu masih banyak kekurangan dari periode 2019 – 2024,” jelas Satarudin.

“Kami akan menjalankan amanat yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami berkomitmen untuk meningkatkan integritas kami terus-menerus,” ucapnya.

Salah satu tugas utama Satarudin sebagai pimpinan sementara adalah memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi dan alat kelengkapan DPRD serta penyusunan tata tertib DPRD Kota Pontianak. Selain itu, DPRD Kota Pontianak akan mengejar penyusunan APBD Kota Pontianak tahun 2025.

“Terutama di periode ini yang harus kami kejar adalah APBD 2025,” tambahnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian bersama unsur Forkopimda Kota Pontianak turut hadir dalam pelantikan Anggota DPRD. Menurutnya, legislatif memegang peran kunci pengawasan pelaksanaan proses pemerintahan.

“Atas nama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kami sampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya anggota DPRD Kota Pontianak, mudah-mudahan diberikan kelancaran dalam mengemban amanat wakil rakyat,” tutur Ani Sofian.

Tugas legislatif, lanjut Ani Sofian, bukan hanya untuk menyuarakan aspirasi rakyat, tetapi juga untuk memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang diambil dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Kota Pontianak.

“Tugas dan tanggung jawab ini tentu tidak ringan. Tetapi, saya yakin dengan integritas, dedikasi, dan kerja keras yang dimiliki, anggota legislatif akan mampu menjalankan amanah ini dengan baik. Koordinasi yang baik antara eksekutif dan legislatif akan menjadi kunci keberhasilan dalam membangun Kota Pontianak yang lebih baik,” ungkapnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago