Bupati Kapuas Hulu Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 191 Kepala Desa

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melantik perpanjangan jabatan 191 kepala desa (kades) Kabupaten Kapuas Hulu, di Rumah Dinas Jabatan Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (17/09/2024).

Bupati Fransiskus Diaan mengatakan,  pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa ini menindaklanjuti surat dari Mendagri RI tentang perpanjangan masa jabatan kades, sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menjelaskan, dalam aturan terbaru, kades yang habis masa jabatan pada Februari lalu bisa diperpanjang masa jabatannya, dengan syarat tidak sedang dalam kasus hukum serta bersedia diperpanjang masa jabatannya.

“Kami telah menerima surat Mendagri RI tanggal 4 juni 2024, hal penjelasan tujuan Pj Gubernur Kalbar dan bupati/walikota se-Kalbar, maka bisa dilakukan perpanjangan masa jabatan Kades saat ini,” ungkap Fransiskus.

Dijelaskannya, sesuai Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, masa jabatan kades dari 6 tahun berubah menjadi 8 tahun.

“Dengan perpanjangan masa jabatan ini, diharapkan bisa memberi semangat baru untuk para Kades dalam mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat,” ucap Fransiskus.

Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini mengarahkan agar para kades dapat memanfaatkan dana desa pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, agar dana tersebut bisa memberi manfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup dan menanggulangi kemiskinan.

“Kemudian tingkatkan pula SDM, melalui pelatihan-pelatihan,” tuturnya.

Bupati Sis juga berpesan agar kades dan BPD menjalin hubungan yang baik serta sama-sama melakukan inovasi pembangunan di desa. Kades juga hendaknya berkonsultasi dengan stakeholder terkait dan camat setempat dalam menyikapi permasalahan di tingkat desa.

“Camat juga harus terbuka dan kooperatif dengan Kades, bantu mereka selesaikan masalah,” tegas Bupati Sis.

Dia juga menghimbau kepada para kades untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif, jelang pilkada 2024.

“Mari kita kawal tahapan pilkada dan ikut menciptakan suasana damai, demokratis dan bermartabat di Kapuas Hulu,” pungkas  Bupati Kapuas Hulu. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pendeta se-Kalbar Deklarasi Dukung Ria Norsan-Krisantus

KalbarOnline, Pontianak - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan-Krisantus menghadiri deklarasi…

3 hours ago

Akui Program Lahirkan Penghafal Qur’an Bermanfaat, Ustadz Mochammad Hedi Doakan Bang Midji Jadi Gubernur Lagi

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji bersilaturahmi ke Pondok Tahfidz Quran…

3 hours ago

Dandim Putussibau Minta Prajurit Netral di Pilkada dan Hindari Judi Online

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Komandan Kodim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli memberikan penegasan serta penekanan kepada…

4 hours ago

Layanan Radioterapi di RSUD Soedarso Mulai Beroperasi, Harisson: Tak Perlu ke Jakarta Untuk Terapi

KalbarOnline, Pontianak - Pasien kanker di Kalimantan Barat (Kalbar) kini tidak perlu lagi pergi jauh…

4 hours ago

Bank Kalbar Raih Dua Penghargaan Sekaligus Sebagai The Best Performance Bank

KalbarOnline, Jakarta – Torehan prestasi Bank Kalbar, bank kebanggan masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar) mendapatkan apresiasi…

5 hours ago

Instruksi DPP Gerindra, Perisai Prabowo Ajak Seluruh Komponen Tegak Lurus Menangkan Midji-Didi di Pilgub Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Dukungan terus mengalir untuk pasangan Sutarmidji-Didi Haryono untuk memenangkan kontestasi pemilihan Gubernur…

5 hours ago