Dekranasda Kalbar Dorong Kemandirian Ekonomi Lewat Peningkatan Kualitas Pengrajin

KalbarOnline, Pontianak – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berkomitmen terus memberikan pendampingan penuh kepada para perajin. Mulai dari peningkatan kualitas kerajinan dan perajin, perluasan akses pasar serta regenerasi perajin.

Disamping itu Dekranasda Kalbar juga mempersiapkan strategi guna produk-produk unggulan Kalbar bisa merambah pangsa ekspor. Hal tersebut seperti diungkapkan Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar, Windy Prihastari kemarin.

Windy mengatakan, Dekranasda Provinsi Kalbar dan kabupaten kota terus berkomitmen mengambil peran sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam mendukung kemandirian ekonomi.

“Melalui peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, sekaligus dalam peningkatan kerja dan kesempatan di bidang kerajinan,” ungkap Windy usai pembukaan Rakerda Dekranasda Kalbar.

Di tengah momentum itu, Windy menyebut produk-produk unggulan Kalbar mengalami peningkatan permintaan dari pasar internasional. Diantaranya permintaan satu kontainer kerajinan keladi air dari Kalbar. Hal ini tentu menjadi tantangan di tengah perajin yang terbatas.

Meskipun demikian, Windy memastikan, Dekranasda Kalbar akan membantu memfasilitasi permintaan tersebut. Menurut Windy, tingginya permintaan dari pasar internasional menjadi bukti wastra Kalbar sangat diminati dengan kualitas dan keunikannya.

“Kita berupaya untuk membantu memfasilitasi ini secara bersama kedepannya, kita diskusikan bersama, baik sumber daya alamnya, juga SDM-nya (para perajin), wastra kita diminati oleh pihak luar,” ungkap Windy.

Dikatakan Windy gelaran rakerda dekranasda itu menjadi ajang menjaga silaturahmi sekaligus menyusun program bersama. Sesuai dengan program dekranas pusat yang berdasarkan kelokalan dan kedaerahan masing-masing dengan beragam keunggulannya.

Dikatakannya, berbagai upaya yang telah dilakukan Dekranasda Kalbar dalam pengembangan produk unggulan. Lewat gencarnya promosi mampu mengantarkan kerajinan dan wastra Kalbar seperti kain tenun Sidan dan tenun ikat Sintang bisa dipakai langsung oleh Presiden Jokowi di acara internasional.

“Begitu juga tenun songket maupun kriya, antara lain anyaman tikar senggang yang berhasil mendapatkan penghargaan dan pengakuan, baik ditingkat nasional bahkan internasional,” ujar Windy.

Windy pun mengajak ketua dan Pj Ketua Dekranasda kabupaten kota se-Kalbar untuk semakin meningkatkan kerjasama baik dengan dekranasda provinsi dan mitra penting di tingkat lokal hingga nasional dalam pengembangan di bidang masing-masing.

“Saya yakin dengan bersama kerajinan dan ekonomi Kalbar akan tumbuh berdaya saing. Saya juga berharap dampingan dan bimbingan Dekranas Pusat dan sinergi di tingkat kabupaten kota serta stakeholder terkait di Kalbar,” kata Windy. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pendeta se-Kalbar Deklarasi Dukung Ria Norsan-Krisantus

KalbarOnline, Pontianak - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan-Krisantus menghadiri deklarasi…

3 hours ago

Akui Program Lahirkan Penghafal Qur’an Bermanfaat, Ustadz Mochammad Hedi Doakan Bang Midji Jadi Gubernur Lagi

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji bersilaturahmi ke Pondok Tahfidz Quran…

3 hours ago

Dandim Putussibau Minta Prajurit Netral di Pilkada dan Hindari Judi Online

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Komandan Kodim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli memberikan penegasan serta penekanan kepada…

4 hours ago

Layanan Radioterapi di RSUD Soedarso Mulai Beroperasi, Harisson: Tak Perlu ke Jakarta Untuk Terapi

KalbarOnline, Pontianak - Pasien kanker di Kalimantan Barat (Kalbar) kini tidak perlu lagi pergi jauh…

4 hours ago

Bank Kalbar Raih Dua Penghargaan Sekaligus Sebagai The Best Performance Bank

KalbarOnline, Jakarta – Torehan prestasi Bank Kalbar, bank kebanggan masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar) mendapatkan apresiasi…

5 hours ago

Instruksi DPP Gerindra, Perisai Prabowo Ajak Seluruh Komponen Tegak Lurus Menangkan Midji-Didi di Pilgub Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Dukungan terus mengalir untuk pasangan Sutarmidji-Didi Haryono untuk memenangkan kontestasi pemilihan Gubernur…

5 hours ago