Pemkot Pontianak Gelar Lomba Gerakan Satu Rekening Satu Pelajar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menilai, menabung sejak dini secara tidak langsung menumbuhkan jiwa kompetisi yang sehat antar anak-anak, utamanya di lingkungan sekolah. Dorongan itu positif karena akan bermanfaat di masa yang akan datang.

“Kebiasaan menabung perlu ditanamkan, karena tidak selamanya kita sebagai orang tua memperoleh rezeki, minimal pada saat kita ingin mendaftarkan pendidikan anak kita pada jenjang lebih tinggi,” katanya, usai membuka Lomba Gerakan Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) tingkat SMP se-Kota Pontianak, di SMP N 8 Pontianak, Jalan Parit Haji Husin II, Rabu (18/09/2024).

Ani Sofian mengapresiasi atas peluncuran lomba tersebut. Ia menyebut, tugas pemerintah dalam bidang pendidikan, selain menyediakan fasilitas juga memacu semangat peserta didik saat menghadapi persoalan, salah satunya pendidikan inklusi keuangan.

“Orang tua juga harus selalu monitor tabungan anak dan kalau kita melihat saat ini untuk pendidikan memang di Kota Pontianak gratis semua, tetapi untuk seragam dan sepatu itu beli. Maka dari itu membiasakan anak menabung agar tidak terasa berat,” katanya.

Atas pertimbangan itu pula, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mulai menggencarkan gerakan ASN menabung di BPR Khatulistiwa. Ani Sofian menerangkan, ia ingin segenap aparatur merasakan kemudahan di kemudian hari, khususnya menjelang masa pensiun.

“Sebagai contoh di Koperasi Kantor Gubernur Kalimantan Barat, saya selaku ketua sudah menerapkan ini dan alhamdulillah responnya positif. Teman saya yang pensiun rata-rata terkejut karena menerima simpanan yang banyak,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, Sri Sujiarti menyampaikan, program ini didasari Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung, Permendikbud Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan dan Permendikbud Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

“Launching program ini dilaksanakan di SMPN 08 Pontianak dengan dihadiri oleh perwakilan dari 79 sekolah jenjang SMP baik negeri maupun swasta se-Kota Pontianak,” katanya.

Sri menjelaskan, tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan peserta didik di Kota Pontianak. Program ini juga bertujuan untuk mengajarkan peserta didik tentang pentingnya hidup hemat, bersabar dan menahan nafsu untuk tidak membelanjakan uang pada hal-hal yang kurang bermanfaat.

Pihaknya ingin membangun karakter hemat, kontrol diri, bijak dan teratur dalam penggunaan uang saku pada siswa-siswi dan memberikan pengalaman berharga bagi peserta didik dalam memahami makna nilai uang dan pentingnya perencanaan keuangan sejak dini.

Pelaksanaan Launching Kejar ini menandai komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam mempersiapkan generasi muda yang cerdas secara finansial dan berkarakter kuat. Diharapkan, inisiatif ini dapat menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia dalam upaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar.

“Hasil yang diharapkan yaitu memberikan pengalaman bagi peserta didik untuk memahami makna nilai, pentingnya perencanaan dan bagaimana cara mencapai tujuan keuangan dimasa depan,” tutup Sri. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

46 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

47 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago