Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang – Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah satunya berziarah ke makam-makam pahlawan daerah.

Ziarah ini dimulai di makam Raja-Raja Tanjungpura di Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan, Ketapang, Selasa (17/09/2024). Para rombongan Napak Tilas disambut dengan tarian dan pengalungan bunga.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bukan sekedar bentuk penghormatan kepada para leluhur tetapi juga kesempatan untuk mengenang dan memperkuat identitas budaya yang telah diwariskan.

“Salah satu warisan yang sangat penting dari Kerajaan Tanjungpura dan kerajaan Matan adalah identitas budaya melayu yang menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Ketapang hingga saat ini,” ujarnya.

Budaya melayu lanjutnya, telah lama menjadi salah satu unsur utama dalam sejarah peradaban di Kabupaten Ketapang dan telah membentuk corak kehidupan sosial, adat istiadat, serta kesenian yang kita kenal hingga saat ini.

“Melalui kegiatan ziarah ini, kita diingatkan akan pentingnya menjaga hubungan dengan masa lalu, serta memperkuat akar budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Ketapang,” ucap Farhan.

Lebih lanjut menurut dia, warisan Kerajaan Tanjungpura maupun kerajaan matan, termasuk identitas melayu yang melekat di dalamnya, adalah warisan berharga yang harus terus dilestarikan dan dijadikan sumber inspirasi untuk membangun masa depan Kabupaten Ketapang yang lebih sejahtera, bermartabat dan penuh kebersamaan.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk terus menjaga persatuan, kesatuan, serta keberagaman yang menjadi ciri khas masyarakat Ketapang. Mari kita jadikan momentum napak tilas ini sebagai tonggak dalam memperkuat komitmen kita untuk memajukan daerah tercinta, dengan selalu menghargai dan melestarikan warisan budaya kita,” pungkasnya.

Selanjutnya rombongan napak tilas yang dipimpin Bupati Ketapang, Martin Rantan, langsung menuju lokasi kedua, di Desa Ulak Medang, dengan menggunakan kendaraan air, rombongan napak tilas melanjutkan perjalanan ziarah ke Makam Tantemak Pengatapan, dan lokasi terakhir ke Makam Uti Usman Pengancingan. Selain itu, pada malam harinya diisi dengan acara musik hiburan rakyat. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

49 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

50 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago