Wakil Bupati Kapuas Hulu Lantik Pengurus BKMT di Tiga Kecamatan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat melantik pengurus cabang Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Silat Hilir, Kecamatan Semitau, dan Kecamatan Suhaid.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat  menyampaikan, pelantikan atau pengukuhan terhadap pengurus cabang BKMT di tiga kecamatan tersebut, berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 16 – 17 September 2024.

Selama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ia didampingi oleh Ketua GOW Kapuas Hulu, Via Octaria dan Ketua BKMT Kabupaten Kapuas Hulu, Sri Siti Haslindar.

“Sangat penting peran BKMT dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, khususnya dalam bidang keagamaan,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Wahyudi menyampaikan, pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam memajukan kegiatan keagamaan di daerah. Berkaitan dengan hal tersebut, BKMT memiliki peran penting dalam memberikan pelatihan-pelatihan keagamaan, seperti membaca Al-Qur’an, memahami tafsir Al-Qur’an, dan menghafal doa-doa sehari-hari, ungkapnya.

“Melalui kegiatan-kegiatan ini, diharapkan masyarakat akan semakin pengetahuan dan paham tentang agama, sehingga dapat lebih menjalankan ketentuan-ketentuan agama dengan baik,” katanya.

“Selain itu, BKMT juga dapat menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi antar warga masyarakat, khususnya di lingkungan majelis taklim,” sambung Wahyudi.

Lebih lanjut ia menyampaikan, majelis taklim dapat menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi mengenai masalah-masalah keagamaan dan sekaligus mempererat hubungan antara sesama umat muslim.

Kembali ke acara pelantikan, selain pengucapan sumpah jabatan, dilakukan juga pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukuran dan doa agar kegiatan BKMT dapat terus berjalan dengan sukses.

“Pada kegiatan itu juga dilaksanakan pemberian sertifikat dan bantuan untuk kegiatan-kegiatan BKMT di masing-masing kecamatan. Diharapkan dengan adanya pelantikan pengurus cabang BKMT di tiga kecamatan tersebut, kegiatan-kegiatan keagamaan dapat lebih terorganisir dan terarah, serta masyarakat dapat semakin mengetahui pengetahuan dan memahami tentang agama,” sampainya.

Wabup Wahyudi juga memberikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pelantikan tersebut.

“Saya berharap agar kegiatan-kegiatan keagamaan dapat terus ditingkatkan lagi di Kabupaten Kapuas Hulu. Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, masyarakat dapat semakin menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai agama serta tercipta hubungan yang harmonis antar sesama umat muslim di Kabupaten Kapuas Hulu,” pungkasnya. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pendeta se-Kalbar Deklarasi Dukung Ria Norsan-Krisantus

KalbarOnline, Pontianak - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan-Krisantus menghadiri deklarasi…

3 hours ago

Akui Program Lahirkan Penghafal Qur’an Bermanfaat, Ustadz Mochammad Hedi Doakan Bang Midji Jadi Gubernur Lagi

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji bersilaturahmi ke Pondok Tahfidz Quran…

3 hours ago

Dandim Putussibau Minta Prajurit Netral di Pilkada dan Hindari Judi Online

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Komandan Kodim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli memberikan penegasan serta penekanan kepada…

4 hours ago

Layanan Radioterapi di RSUD Soedarso Mulai Beroperasi, Harisson: Tak Perlu ke Jakarta Untuk Terapi

KalbarOnline, Pontianak - Pasien kanker di Kalimantan Barat (Kalbar) kini tidak perlu lagi pergi jauh…

4 hours ago

Bank Kalbar Raih Dua Penghargaan Sekaligus Sebagai The Best Performance Bank

KalbarOnline, Jakarta – Torehan prestasi Bank Kalbar, bank kebanggan masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar) mendapatkan apresiasi…

5 hours ago

Instruksi DPP Gerindra, Perisai Prabowo Ajak Seluruh Komponen Tegak Lurus Menangkan Midji-Didi di Pilgub Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Dukungan terus mengalir untuk pasangan Sutarmidji-Didi Haryono untuk memenangkan kontestasi pemilihan Gubernur…

5 hours ago