RSUD SSMA Gelar INSAN 1st Medical Update 2024

KalbarOnline, Pontianak – Komite Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Simposium dan Workshop “Update of Emergency Management in Daily Practice” di Hotel Ibis, Minggu (22/09/2024).

Dari 235 peserta yang hadir, 202 diantaranya merupakan dokter umum yang bertugas di Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kubu Raya dan daerah lainnya di Provinsi Kalbar.

Ketua Komite Medik RSUD SSMA, Sri Yuliani Elida menerangkan, simposium ini telah lama direncanakan, namun baru bisa terwujud pada tahun ke-11 usia RSUD SSMA Kota Pontianak.

“Sebetulnya kami sudah lama ingin menyelenggarakan simposium yang tentunya banyak sekali manfaat yang didapat, dan tahun ini alhamdulillah bisa terwujud,” ujarnya.

Simposium dan workshop ini bertujuan untuk saling berbagi ilmu, pengalaman dan keahlian terutama dokter umum sebagai ujung tombak dari pusat  kesehatan sehingga diharapkan dapat mengatasi hal-hal yang bersifat emergency penanganan kegawatdaruratan.

“Dengan keahlian tersebut sehingga bisa menyelamatkan nyawa, penglihatan atau kehidupan pasien dengan lebih baik agar tidak terjadi gejala yang lebih berat ketika harus dirujuk ke rumah sakit,” jelasnya.

Direktur RSUD SSMA Kota Pontianak, Eva Nurfarihah mengatakan, suatu kebanggaan bagi RSUD SSMA Kota Pontianak, yang mana komite medik bisa membuat langkah positif dengan membuat gebrakan menyelenggarakan simposium dan workshop menjelang ulang tahun RSUD SSMA yang ke-12 pada bulan Oktober 2024 mendatang.

“Saya beserta manajemen RSUD SSMA akan selalu mendukung kegiatan positif ini. Dengan bertambah usia tidak terlena di zona nyaman tetapi mampu memberi jawaban untuk kebutuhan anggotanya yaitu kecukupan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP),” tuturnya.

Dokter gigi Regitha Dwi Bestari, satu di antara peserta, mengaku antusias dengan adanya kegiatan ini, pasalnya bermacam topik ada di dalam satu kegiatan sehingga banyak pengetahuan yang didapat.

“Saya senang dengan materi-materinya karena berbagai macam topik ada dalam simposium ini, jadi kita banyak pengetahuannya,” terangnya.

Adapun materi Simposium dan Workshop INSAN 2024 1st Medical Update dengan tema Update Of Emergency Management In Daily Practice yaitu Kegawatdaruratan Mata “How to know is it an Acute Glaucoma?” oleh dokter Sri Yuliani Elida, Kegawatdaruratan Saraf: “Acute Ischaemic Stroke Management” oleh dokter Achmad Faqih, Kegawatdaruratan Paru “Management of COPD Exacerbations” oleh dokter Nur Annisa, Kegawatdaruratan Penyakit Dalam “Emergency Complication of Patients With Kidney Disease at RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie” oleh dokter I Ketut Sujana.

Kemudian Kegawatdaruratan Anak “Current Strategy and Management of Asthma Exacerbation in Children” oleh dokter Rosyadi Akbarri, Kegawatdaruratan Bedah “Acute Care Surgery” oleh dokter Boby Eko Nugroho.

Selain itu, juga digelar workshop “Management of Hypertension Emergencies in Acute Stroke”, “Basic Surgical Skill + Circumcision”, “Wound Management”, dan “Introduction and Application of Inhalation Devices for Children With Asthma”. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pemprov Kalbar Optimis Event Pesona Kulminasi Kembali Masuk KEN 2025

KalbarOnline, Pontianak - Menyaksikan detik-detik menjelang matahari tepat berada di Garis Khatulistiwa menjadi momen yang…

11 mins ago

Wahyudi Tegaskan “Saya Bukan Calon Pemimpin Boneka”

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bakal calon Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat  dari koalisi Menyala menyatakan…

23 mins ago

Logo Hari Jadi ke-253 Pontianak Resmi Diluncurkan

KalbarOnline, Pontianak - Logo Hari Jadi ke-253 Pontianak resmi diluncurkan tepat pada Pesona Kulminasi Matahari 2024…

43 mins ago

Pemkot Pontianak Bakal Bangun Planetarium di Lokasi Tugu Khatulistiwa

KalbarOnline, Pontianak - Tepat pukul 11.35 WIB matahari berada di atas titik nol derajat garis lintang…

47 mins ago

Wisatawan Luar Kagumi Kulminasi dan Kuliner Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Momen Pesona Kulminasi Matahari mengundang minat wisatawan untuk menyaksikan langsung fenomena alam yang…

51 mins ago

DPD PAN Kapuas Hulu Masih Tunggu SK Pemberhentian Dua Kadernya

KalbarOnline, Putussibau - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kapuas Hulu,…

1 hour ago