Puluhan Penggiat Pariwisata di Kalbar Ikuti Bimtek Sisparnas 2024

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 55 penggiat pariwisata masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)  di Kalimantan Barat, ikut serta dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (Sisparnas) Tahun 2024, di Orchardz Hotel Pontianak, pada 19 – 23 Agustus 2024.

Sisparnas ini merupakan basis data yang dirancang oleh Kemenparekraf RI yang dalam hal ini didukung oleh dinas terkait, untuk di tingkat provinsi adalah Disporapar Kalbar. Maka dari itu, sisparnas merupakan sistem informasi kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang berisikan database bidang parekraf di Kalbar.

Sisparnas menggunakan inovasi big data yang menampilkan potensi wisata, keberadaan objek wisata, atraksi, ketersediaan infrastruktur pendukung, dan lainnya yang dapat digunakan oleh pemerintah maupun swasta untuk menentukan arah pengembangan kepariwisataan.

Kadisporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, bahwa sisparnas begitu penting dalam rangka meningkatkan potensi daerah dan mengangkat keunikan di tiap kabupaten kota di Kalbar.

“Sisparnas ini juga harus didukung penuh banyak pihak hingga ke lapisan masyarakat, sebab banyak sekali potensi di daerah kita yang harus diangkat ke tingkat nasional. Sehingga memberikan dampak kepada perekonomian masyarakat Kalbar,” ujarnya.

Untuk mengoptimalkan penerapan sisparnas di Kalbar, Windy telah mencetus sebuah inovasi yakni MoBile Acceleration Kolaborasi Kepariwisataan, Ekraf, Pemuda, Olahraga (Mbak Kepo) pada tahun 2020 lalu.

Hadirnya inovasi ini sebagai upaya untuk melakukan Optimalisasi Pengembangan Pariwisata, Ekraf, Pemuda dan Olahraga di Kalimantan Barat secara luas. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Kades Selaup Ucapkan Terima Kasih dan Apresiasi Satgas TMMD Reguler ke-122 Kodim Putussibau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-122 Kodim…

1 hour ago

Sutarmidji Diserbu Warga Saat Saksikan Final Moon Cake Cup 2024 di Sungai Raya Kepulauan

KalbarOnline, Bengkayang - Warga Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang menyambut antusias kedatangan…

3 hours ago

Hadir di Kampanye Terbuka Darwis-Rizal, Masyarakat Karimunting Siap Bersamai Perjuangan Midji-Didi

KalbarOnline, Bengkayang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menghadiri kampanye terbuka…

3 hours ago

Warga Sungai Baung Kenang Perhatian Sutarmidji Saat Memimpin Kalbar

KalbarOnline, Bengkayang - Jasa Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji terhadap masyarakat…

3 hours ago

Midji Letakkan Batu Pertama Pembangunan Surau Fastabiqul Khairat Sungai Jaga B, Ingatkan Pentingnya Pendidikan

KalbarOnline, Bengkayang - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji meletakkan batu pertama…

3 hours ago

Modem 5G Internal Bakal Dikenalkan Apple Bersama iPhone SE 4

KalbarOnline.com - iPhone SE terbaru, yakni iPhone SE 4 bakal segera dirilis oleh Apple. Perilisan…

4 hours ago