Dirintis Ria Norsan, SGAR Mempawah Kini Beroperasi Dongkrak Ekonomi Kalbar

KalbarOnline, Mempawah – Presiden RI, Joko Widodo meresmikan injeksi bauksit perdana di Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), Bukit Batu, Kabupaten Mempawah, Selasa (24/09/2024).

Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2018 – 2023, Ria Norsan beserta istri yang juga mantan Bupati Mempawah, Erlina ikut terlibat hadir dalam peresmian SGAR tersebut.

Proyek Strategis Nasional (PSN) ini adalah buah karya ide dan gagasan Ria Norsan, saat menjabat sebagai Bupati Mempawah. Norsan pun bersyukur, Presiden Jokowi telah meresmikan proyek ini.

“Saya merasa bangga sekali sudah diresmikan presiden. Karena perintis pertama kali pembangunan smelter ini adalah saya selama masih jadi Bupati Mempawah,” kata Norsan usai peresmian.

Norsan mengatakan, smelter yang dicanangkan akan memproduksi 1 juta ton alumina ini, adalah sebuah karya yang dipersembahkan untuk bangsa dan daerah.

“Saya merasa senang hari ini. Buah karya saya untuk anak bangsa, dan ini untuk masyarakat Kabupaten Mempawah dan Kalbar,” jelasnya.

Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2 itu mengatakan, jerih payah membangun perekonomian daerah lewat SGAR telah mencapai titik terang yang sejalan dengan target pembangunan daerah.

“Usaha jerih payah kita itu, pada hari ini sudah mencapai titik terangnya. Bahwa sudah diresmikan Presiden untuk penggunaannya,” jelas Norsan.

Norsan menambahkan, SGAR ini akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi terutama di Mempawah dan Kalbar pada umumnya.

“Jauh sekali meningkatnya. Dengan adanya smelter ini, pertumbuhan ekonomi Mempawah juga tertinggi,” pungkas Norsan.

Selain SGAR PT BAI, buah karya ide dan gagasan lain Norsan selama menjabat sebagai Bupati Mempawah adalah Pelabuhan Internasional Kijing.

Norsan menegaskan, jika dua proyek nasional tersebut menjadi bukti keseriusannya dalam membangun daerah dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Dua PSN ini, diproyeksikan akan menekan angka pengangguran dengan penyerapan angka angkatan kerja terutama menyasar anak-anak muda yang sekaligus meningkatkan skill dan daya saing. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Menteri AHY Ungkap Kementeriannya Berhasil Selamatkan Rp 5,71 T Kerugian Negara dari Kejahatan Pertanahan

KalbarOnline, Jakarta - Di tengah semarak peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2024, Menteri…

52 mins ago

Menteri AHY Ungkap 117,9 Juta Bidang Tanah Telah Terdaftar, Beri Nilai Tambah Ekonomi Rp 6.721 Triliun

KalbarOnline, Jakarta - Pada upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) yang dilangsungkan Selasa…

52 mins ago

Bertemu Ketum Kadin, Menteri AHY Bahas Peluang Sinergi dalam Membangun Ekonomi Indonesia

KalbarOnline, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

55 mins ago

Jelang Pilkada 2024, Polsek Bunut Hulu Laksanakan Cek Ranmor Dinas

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Menjelang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024, Polsek Bunut Hulu jajaran Polres…

4 hours ago

Kakanwil ATR/BPN Kalbar Tangani 4 Kasus Mafia Tanah yang Rugikan Negara Senilai Rp 143 M

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN Provinsi Kalimantan Barat, Andi Tentri Abeng mengungkapkan…

4 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Kukuhkan Ansfridus Juliardi Andjioe Sebagai Pjs Bupati Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengukuhkan Ansfridus Juliardi Andjioe sebagai Penjabat Sementara (Pjs)…

4 hours ago