PLN UP2B Kalselteng Bagikan Tips Aman di Bawah Transmisi Listrik, Hindari Balon Udara dan Layang-layang!

KalbarOnline.com – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Beban Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UP2B Kalselteng) mengadakan sosialisasi penting tentang keselamatan listrik kepada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran warga Kelurahan Kemuning, Kota Banjarbaru, mengenai bahaya aktivitas di bawah jaringan transmisi listrik pada Jumat (13/09).

General Manager PLN UIP3B Kalimantan menegaskan bahwa sosialisasi ini memberikan wawasan penting terkait menjaga jarak aman dari jaringan listrik. “Kami ingin masyarakat memahami bahaya bermain layang-layang atau balon udara di dekat jaringan transmisi. Aktivitas seperti itu bisa menyebabkan jaringan tersangkut dan berpotensi menimbulkan ledakan, sengatan listrik, hingga gangguan aliran listrik,” ujar Salam.

Di gerai binaan TJSL Papadaan Banjar, Tim Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) UP2B Kalselteng turut memberikan tips menjaga jarak aman, khususnya saat bekerja dengan alat berat di sekitar jaringan listrik. Jarak horizontal yang aman adalah 10 meter, sedangkan vertikal 6 meter dari kabel listrik.

Manajer UP2B Kalselteng, Mukti Irawan, mengingatkan masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di dekat transmisi listrik. “Tidak hanya layang-layang dan balon udara, pekerjaan konstruksi atau menanam pohon yang bisa tumbuh tinggi juga berbahaya. Pohon yang tumbuh terlalu tinggi bisa menyentuh kabel dan menyebabkan gangguan listrik,” jelasnya.

Ia juga mengimbau agar para simpatisan politik berhati-hati saat memasang spanduk atau umbul-umbul, memastikan tidak berada di dekat jaringan listrik. “Kami mengajak masyarakat untuk ikut menyebarkan informasi ini agar kita semua bisa mencegah bahaya,” tambah Mukti.

Agus Santoso, peserta sosialisasi, menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi masyarakat. “Sosialisasi ini sangat membantu kami memahami cara menjaga jaringan listrik agar tidak terjadi gangguan listrik dan padam,” pungkasnya. (Red/PLN)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Dirintis Ria Norsan, SGAR Mempawah Kini Beroperasi Dongkrak Ekonomi Kalbar

KalbarOnline, Mempawah - Presiden RI, Joko Widodo meresmikan injeksi bauksit perdana di Smelter Grade Alumina…

2 hours ago

Jelang Pilkada 2024, Polsek Bunut Hulu Laksanakan Cek Ranmor Dinas

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Menjelang pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024, Polsek Bunut Hulu jajaran Polres…

2 hours ago

Kakanwil ATR/BPN Kalbar Tangani 4 Kasus Mafia Tanah yang Rugikan Negara Senilai Rp 143 M

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN Provinsi Kalimantan Barat, Andi Tentri Abeng mengungkapkan…

2 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Kukuhkan Ansfridus Juliardi Andjioe Sebagai Pjs Bupati Kapuas Hulu

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengukuhkan Ansfridus Juliardi Andjioe sebagai Penjabat Sementara (Pjs)…

2 hours ago

Pimpin Apel Gabungan ASN, Bupati Ketapang Ingatkan Netralitas ASN dan Kepala Desa Jelang Pilkada 2024

KalbarOnline, Ketapang - Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin apel gabungan ASN yang dirangkai dengan deklarasi…

2 hours ago

Wabup Ketapang Serahkan Bantuan Mobil Pemelihara Masjid kepada DPD BKPRMI Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menyerahkan satu unit mobil pemelihara masjid kepada DPD…

2 hours ago