FEB Untan Pontianak Kirim 10 Dosen dan Mahasiswa Ikuti ICDC di Unand Padang

KalbarOnline, Padang – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak mengirimkan 5 dosen dan 5 mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, untuk mengikut International Conference Doctoral Colloquium (ICDC) di FEB Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (26/09/2024).

Mengusung tema “Managing Sustainable Business and Resilience Strategies in the Digital Era”, ICDC tersebut dihadiri oleh akademisi serta praktisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan luar negeri.

Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen FEB Untan Pontianak, Maria Christiana Kalis mengungkapkan, ICDC sendiri merupakan acara tahunan yang diadakan Aliansi Program Doktor Manajemen Indonesia (APDMI). Di mana untuk tahun ini, FEB, Unand Padang yang menjadi tuan rumahnya.

“Kami FEB Untan sendiri juga memiliki Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, yang artinya juga merupakan anggota dari APDMI,” jelasnya.

Tujuan dari ICDC itu menurutnya adalah memfasilitasi para mahasiswa yang akan memulai tahapan penulisan disertasi untuk program doktor manajemen yang sedang dijalani. Adapun 5 dosen dan 5 mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini ialah mereka yang telah memulai tahapan disertasi berupa kolokium.

5 dosen tersebut lanjut dia, bertugas sebagai reviewer atau tim penilai untuk karya tulis ilmiah berupa paper, makalah, atau artikel yang dibawakan oleh mahasiswa.

“Kolokium kan bagian dari tahapan penulisan disertasi, jadi memang di dalam peraturan dan pedoman, kami selalu mengarahkan kepada mahasiswa untuk mengikuti event yang diselenggarakan oleh APDMI. Dengan keikutsertaan (keanggotaan) di APDMI, FEB, Untan memang wajib mengirimkan mahasiswa program doktor manajemen mengikuti ICDC setiap tahunnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Windy Prihastari sebagai salah satu peserta utusan Untan Pontianak mengungkapkan, keikutsertaannya dalam kolokium tersebut, adalah untuk memulai tahapan disertasi. Seperti diketahui, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar) itu, saat ini tengah menempuh Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (S3) di FEB, Untan.

Dengan mengikuti ICDC, Windy mengatakan dirinya dapat menambah wawasan, dan pengalaman yang lebih luas lagi.

“Kalau di Pontianak (Untan) kami kan hanya diuji oleh dosen internal, sementara dengan mengikuti ICDC ini, kami diuji oleh dosen-dosen dari luar, sehingga bisa mendapatkan wawasan yang lebih,” ungkapnya.

Windy yang juga selaku Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Kalbar itu merasa beruntung bisa mendapatkan penghargaan berharga tersebut. Sebab ia bisa merasakan, bagaimana diuji oleh para profesor dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki program doktor se-Indonesia.

“Jadi kami mendapat banyak wawasan, dan bisa memulai tahapan disertasi dengan baik,” terangnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Kisah ‘Sandwich Generation’ Dirangkai Apik dalam Film Home Sweet Loan

KalbarOnline.com - Fenomena generasi berlapis atau sandwich generation makin sering kita dengarkan. Generasi sandwich atau roti…

2 hours ago

Meta Mulai Menghapus Arsip Instagram, Berikut Cara Memindahkan Data ke Google Drive

KalbarOnline.com - Baru-baru ini, Meta, perusahaan induk dari Instagram mengumumkan perubahan kebijakan terkait pengelolaan arsip…

3 hours ago

Jelang Peringatan HUT TNI ke-79, Kodim Putussibau Gelar Lomba Kreasi Baris Berbaris

KalbarOnline, Putussibau - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Kodim 1206 Putussibau menggelar Lomba Kreasi…

3 hours ago

Tak Mau Jadi Pengkhianat, 34 Kader Demokrat di 5 Kecamatan Kapuas Hulu Mengundurkan Diri

KalbarOnline, Kapuas Hulu - 34 orang kader Partai Demokrat dari 5 kecamatan menyatakan mundur dari…

3 hours ago

Harisson Pastikan Program Beasiswa Pelajar SMA Negeri Berjalan Baik

KalbarOnline, Singkawang - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten…

4 hours ago

PLN Pastikan Pasokan Listrik di Gardu Induk Seberang Barito Semakin Andal

KalbarOnline.com – PLN terus berupaya menjaga keandalan sistem kelistrikan di Kalimantan. Hal ini dibuktikan melalui…

5 hours ago