Pemkab Kubu Raya Gelar Bimtek Tata Kelola Dana BOS

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola dan Perpajakan atas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Jumat (27/09/2024), di Hotel Alimoer Kubu Raya.

Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengapresiasi pelaksanaan bimtek lantaran dapat meningkatkan pemahaman dan kapasitas para kepala sekolah maupun bendahara sekolah dasar dan menengah pertama terkait penataan dan pertanggungjawaban dana BOS di Kabupaten Kubu Raya.

Alhamdulillah hadir narasumber dan pakar-pakarnya yakni auditor dari BPK dan Ikatan Akuntan Indonesia atau IAI,” ujar Syarif Kamaruzaman usai kegiatan.

Kamaruzaman menjelaskan, kalau bimtek ini sangat penting untuk memberikan pemahaman secara komprehensif terkait tata kelola dana BOS oleh masing-masing sekolah baik jenjang SD maupun SMP.

“Kita berharap bahwa apa yang dikelola terkait dengan dana ini bisa betul-betul sesuai dengan kaidah-kaidah tetap keuangan yang baik,” ucapnya.

Kamaruzaman menyatakan lagi, bimtek sangat bermanfaat untuk sekolah dan kepentingan peserta didik. Sehingga nantinya tidak ada temuan.

“Tidak ada yang keliru dalam tata kelola dan bisa bermanfaat untuk sekolah yang bersangkutan dan untuk kepentingan peserta didik dan sekolahnya,” harapnya.

Kamaruzaman juga berharap, melalui bimtek, akan diperoleh solusi terhadap sejumlah persoalan terkait tata kelola dana BOS.

“Nah, nanti mudah-mudahan dari bimtek ini ada solusi untuk mereka. Sehingga yang paling penting tidak boleh menggunakan dana pribadi untuk kepentingan ini, dan yang penting itu dana pemerintah dikelola, tidak boleh nombok dengan dana pribadi,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Peduli Ponpes, Norsan Bakal Jolok APBN  Bangun Rusunawa untuk Santri

KalbarOnline, Singkawang - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan memiliki perhatian khusus…

2 hours ago

Ngopi Ala Pontianak, Sekarang Aming Coffee Buka di Aeon Mall Cikarang

KalbarOnline, Bekasi - Bagi yang pernah berkunjung ke Pontianak, menjamurnya warung kopi yang tersebar di…

2 hours ago

Wahyu Sapa Anak Muda dan Siap Membuka Diri dengan Gagasan Para Pemuda

KalbarOnline, Putussibau - Calon Bupati Kapuas Hulu nomor urut 2 dari Koalisi Menyala, Wahyudi Hidayat…

5 hours ago

Komitmen Sutarmidji: Sekretariat PKBM di 14 Kabupaten Kota Bantu Perkuat Pendidikan Non Formal

KalbarOnline, Pontianak - Perhatian Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji, terhadap dunia…

5 hours ago

Hari Pertama TMMD di Desa Selaup, Aparat Sasar RTLH Milik Ibu Salemah

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Anggota Kodim 1206/Putussibau yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-122 tahun…

6 hours ago

Rasakan Kebijakan Pro Pendidikan Non Formal, Garda Peduli Pendidikan Masyarakat se-Kalbar Siap Menangkan Sutarmidji-Didi Haryono

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur (Cagub) Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menghadiri kegiatan…

6 hours ago