Bersama Para Ulama, Sutarmidji Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023, Sutarmidji menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah dan tasyakuran Khatmil Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’, Jumat (27/09/2024) malam.

Acara ini dihadiri ratusan masyarakat dari Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, baik laki-laki maupun perempuan, dari usia muda hingga orang tua, yang turut dirangkai dengan pelaksanaan wisuda 14 orang hafiz dan hafizah yang berhasil menghafal 30 juz Qur’an.

Peringatan maulid yang menghadirkan ustadz asal Kabupaten Sambas, Ustadz Hatoli dan Syekh Anas Sa’id Adzdzou’bi sebagai penceramah itu, dihadiri para ulama dan tokoh masyarakat Kalimantan Barat.

Dalam acara itu, Sutarmidji pun tampak khusyuk mengikuti acara. Mulai dari membaca shalawat dan tahlil hingga tausiyah dari dua penceramah sampai selesai.

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’, Ustadz Abdul Wahab dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam kurun waktu 6 tahun terakhir, pondok pesantren yang dipimpinnya itu telah mencetak sebanyak 40 orang hafiz dan hafizah penghafal 30 juz Al-Qur’an yang telah diwisuda, dan masih banyak lagi yang sedang menghafal. Hal ini merupakan terjemahan dari program Sutarmidji, Gubernur Kalbar saat itu yang ingin melahirkan 5.000 penghafal Al-Qur’an 30 juz.

“Kami berpesan kepada yang telah menghafal Al-Qur’an. Semoga menjadi ingatan kita semua bahwa yang menghafal Al-Qur’an itu teken kontraknya sampai mati. Semoga selalu menjaga amalan Qur’an-nya,” kata Abdul Wahab.

Di kesempatan itu, Abdul Wahab turut menyampaikan mengenai kehadiran Sutarmidji dalam kesempatan itu. Baginya, Sutarmidji merupakan salah satu orang tua bagi santri di pesantren Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’.

“Beliau salah satu orang tua kita. Keberadaan pondok pesantren untuk putra itu atas hibah yang diwakafkan beliau untuk Pesantren Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’, tanah serta bangunannya dan Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Beliau banyak sekali membantu pondok ini, juga pondok-pondok se-Kalimantan Barat,” kata dia.

“Kita doakan beliau selalu diberikan kesehatan oleh Allah. Selalu dapat perlindungan dari Allah dan mudah-mudahan niat dan hajat baik beliau diberkahi Allah,” ucapnya.

Sementara Syekh Anas Sa’id Adzdzou’bi, sebelum memulai ceramahnya, memuji kinerja Sutarmidji sebagai Gubernur Kalbar saat itu. Menurutnya, perhatian Sutarmidji terhadap umat Islam Kalbar sangat luar biasa.

“Gubernur se-Indonesia satu-satunya penggerak (anak hafal) Al-Qur’an cuma beliau (Sutarmidji). Dulu pernah ada aktivis pegiat sosial (Ade Armando) membantai beliau habis-habisan. Karena beliau memberikan beasiswa bagi penghafal Al-Qur’an. Pondok-pondok pesantren dan lembaga tahfidz yang merasakan manfaat program beliau,” kata Syekh Anas.

Menurut Syekh Anas, program melahirkan 5.000 hafiz dan hafizah bukan hanya sekedar menghafal. Melainkan ada proses uji kompetensi. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sebetulnya sudah hafal 30 juz Al-Qur’an, tapi tidak lulus dalam uji kompetensi, sehingga harus mengulang.

“Makanya jangan heran, kalau dalam waktu 6 tahun, Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’ ini hanya bisa mewisuda 40 orang. Karena prosesnya ketat. Jadi tidak sembarang menghafal. Dipastikan bisa diuji kekuatan hafalannya. Alhamdulillah disupport penuh Pak Gubernur Sutarmidji,” ucap Syekh Anas.

“Ini bentuk cintanya beliau kepada Al-Qur’an. Saya tak ada maksud mencitrakan Pak Sutarmidji, tapi itulah faktanya. Perhatian beliau kepada pondok pesantren ini sangat luar biasa. Kita doakan beliau sehat dan diberkahi Allah, niat beliau dimudahkan Allah,” pungkasnya. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Jeongwoo TREASURE Berikan Hadiah ke Penggemar di Hari Ulang Tahun ke 20

KalbarOnline.com – Salah satu member TREASURE Park Jeongwoo merayakan ulang tahunnya yang ke-20 pada hari ini,…

1 hour ago

Pjs Bupati Kapuas Hulu Ansfridus Juliardi Andjoe Menolak Untuk Dikawal Patwal

KalbarOnline, Putussibau - Pjs Bupati Kapuas Hulu, Ansfridus Juliardi Andjoe menyatakan menolak untuk dikawal patwal…

2 hours ago

Polres Kapuas Hulu Laksanakan Pengamanan Kampanye Tatap Muka Paslon Nomor Urut 2

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Polres Kapuas Hulu melakukan pengamanan kegiatan kampanye pertemuan terbatas atau tatap…

2 hours ago

Norsan Disambut Gembira Ratusan Emak-emak Pecinta Seni Tarik Suara di Sungai Kakap

KalbarOnline, Sungai Kakap - Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Ria Norsan membaur bersama ratusan…

3 hours ago

Meriahkan Hari Jadi Kota Pontianak, DLH Bakal Bagikan 253 Tas Belanja Bukan Plastik

KalbarOnline, Pontianak - Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-253 Pontianak, Pemerintah Kota (Pemkot)…

3 hours ago

Selamat Jalan Sayuri, Penyanyi OST Anime My Hero Academia

KalbarOnline.com - Dunia musik Jepang berduka atas kepergian penyanyi berbakat Sayuri, yang dikenal luas lewat…

4 hours ago