Maggie Smith, Bintang Senior “Harry Potter” Meninggal Dunia pada Usia 89 Tahun

KalbarOnline.com – Dunia hiburan berduka atas kepergian aktris legendaris Maggie Smith, yang dikenal luas berkat perannya sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam film “Harry Potter”.

Maggie Smith dilaporkan meninggal dunia pada usia 89 tahun di kediamannya di London pada Selasa (27/9) malam dan telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga.

Pihak keluarga menyebutkan bahwa Smith berpulang dengan tenang dikelilingi oleh orang-orang terdekatnya. Penyebab kematian disebut karena komplikasi kesehatan yang dideritanya sejak beberapa waktu terakhir.

Maggie Smith telah berkarier selama lebih dari tujuh dekade dan dianggap sebagai salah satu aktris paling dihormati di dunia perfilman dan teater.

Selain dikenal lewat perannya dalam Harry Potter, perempuan bernama asli Margaret Smith itu juga meraih ketenaran berkat kontribusinya di dunia teater dan sejumlah film ternama lainnya. Salah satunya, “The Prime of Miss Jean Brodie” (1969) yang mengantarkannya meraih penghargaan Oscar pertamanya sebagai Aktris Terbaik.

Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter, menyampaikan rasa kehilangan mendalamnya.

“Dia adalah mentor yang luar biasa bagi kami semua di set. Keberanian, kebijaksanaan, dan humornya akan selalu dirindukan. Kehadirannya meninggalkan warisan yang tak tergantikan,” ungkap Radcliffe dalam pernyataannya.

Sementara itu, sahabat lama Maggie Smith, Helen Mirren juga mengenangnya sebagai “permata teater Inggris yang tak tergantikan, seorang wanita yang telah menorehkan jejak gemilang dalam setiap peran yang dibawakannya”.

Penghormatan terhadap mendiang Maggie Smith akan diadakan dalam upacara pribadi di London.  Pihak keluarga meminta agar masyarakat menghargai privasi mereka pada masa-masa sulit ini.

Peran terakhir Smith di layar lebar adalah dalam film “The Miracle Club” (2023), di mana ia kembali menunjukkan kemampuan aktingnya yang brilian meski di usia senja.

Warisan Maggie Smith tidak hanya ada di karya-karyanya, tetapi juga dalam inspirasi yang diberikannya kepada generasi aktor dan aktris di seluruh dunia. (*)

Shella Rimang

Share
Published by
Shella Rimang

Recent Posts

Militan Tjhai Chui Mie Siap Menangkan Norsan-Krisantus di Pilgub Kalbar

KalbarOnline, Singkawang - Ribuan relawan TCM simpatisan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang,…

33 mins ago

Polsek Seberuang bersama Tokoh Agama dan Masyarakat Mantapkan Kesiapan Pilkada Serentak 2024

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polsek Seberuang jajaran Polres Kapuas Hulu bersama tiga pilar kecamatan setempat,…

3 hours ago

Sutarmidji Isi Tausiyah di Masjid Jami di Paloh Sambas

KalbarOnline, Sambas - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji kembali menyampaikan syiar tentang hukum Islam yang…

5 hours ago

Tim Basket Putri SMP Pelita Cemerlang Juara 1 Widya Dharma Basketball Cup

KalbarOnline, Pontianak - Universitas Widya Dharma Pontianak menggelar kejuaraan bola basket yang diikuti pelajar dan…

6 hours ago

Ketua Tim Pemenangan Koalisi Menyala Luruskan Tentang Program Pembangunan Listrik di Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Masih adanya klaim mengklaim tentang siapa yang memperjuangkan proyek pembangunan listrik…

7 hours ago

Melki Sedek Huang Kritisi Pembangunan Kalbar Belum Adil dan Merata

KalbarOnline, Pontianak - Aktivis pergerakan, Melki Sedek Huang menjadi salah satu pembicara utama mewakili calon…

7 hours ago