Pesan Bang Midji saat Kampanye Dialogis di Paloh: Adu Gagasan dan Ingatkan Pentingnya Pendidikan Anak

KalbarOnline, Sambas – Kampanye dialogis calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 1, Sutarmidji di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Sabtu (28/09/2024) malam, disambut antusias oleh masyarakat. Warga datang berbondong-bondong untuk mendengarkan pemaparan program unggulan yang akan diwujudkan Sutarmidji jika kembali terpilih memimpin Kalbar.

Dalam sambutannya, Sutarmidji menyerukan agar pilkada serentak ini diwarnai dengan kampanye gagasan yang sehat, mengedepankan program kerja dan rekam jejak.

“Kita boleh berbeda pendapat, tapi antar pendukung jangan saling menghujat atau menjelekkan. Sampaikan program-program saja,” pesan Sutarmidji kepada pendukungnya.

Pemerataan Akses Pendidikan Jadi Prioritas

Salah satu program unggulan yang menjadi fokus Sutarmidji adalah pemerataan akses pendidikan, khususnya untuk menekan angka putus sekolah. Sutarmidji menekankan pentingnya pendidikan hingga tingkat SMA sederajat bagi setiap anak.

“Apapun kondisi kita, anak harus tetap sekolah. Jangan sampai ada satupun anak yang putus sekolah. Minimal harus tamat SMA atau sederajat,” tegas Sutarmidji.

Selama lima tahun masa jabatannya sebagai Gubernur Kalbar, Sutarmidji telah membangun lebih dari 60 sekolah baru, baik SMA maupun SMK. Selain itu, program sekolah gratis juga telah dijalankan sejak tahun 2019, dengan seluruh siswa SMA/SMK/SLB negeri di Kalbar bebas dari biaya SPP.

“Kebijakan ini merata di seluruh Kalbar. Saya juga memberikan beasiswa sebesar Rp 100 ribu per bulan bagi siswa SMA/SMK, dan Rp 200 ribu per bulan untuk siswa SLB,” ujarnya.

Ia pun berjanji untuk melanjutkan program sekolah gratis ini jika diberikan mandat untuk periode kedua, dengan harapan angka putus sekolah bisa terus ditekan.

“Jika merasa tidak mampu untuk kuliah, masukkan anak ke SMK. Pilih jurusan yang bisa mandiri, agar setelah lulus bisa membuka usaha sendiri,” tambahnya.

Pelayanan Kesehatan dan BPJS Jadi Fokus Lain

Selain pendidikan, Sutarmidji juga menempatkan pelayanan kesehatan sebagai prioritas. Ia menegaskan bahwa seluruh masyarakat Kalbar harus ter-cover oleh BPJS Kesehatan agar bisa mendapatkan layanan kesehatan tanpa khawatir dengan biaya.

“Soal BPJS harus segera diurus, jangan tunggu sakit baru diurus. Karena kita tidak tahu kapan sakit datang. Orang kaya sekalipun, jika jatuh sakit, bisa jadi miskin. Maka dari itu, BPJS Kesehatan penting agar bisa mendapatkan pengobatan gratis,” jelasnya.

Sutarmidji juga menyebut bahwa Pemprov Kalbar telah menganggarkan Rp 40 miliar hingga Rp 50 miliar setiap tahunnya untuk subsidi premi BPJS Kesehatan bagi masyarakat kurang mampu. Ia mendorong masyarakat proaktif dalam mengurus BPJS dan meminta pihak terkait untuk segera menindaklanjuti.

“Kalau kita peduli, kita harus proaktif, tanyakan ke kepala desa, dan pastikan masyarakat kurang mampu terdaftar dalam program PBI BPJS Kesehatan,” imbuhnya.

Dukungan Masyarakat Untuk Sutarmidji-Didi

Salah satu warga Paloh, Yetno M Amin, memuji program-program Sutarmidji yang dinilainya sangat realistis dan menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Ia pun mengajak seluruh masyarakat Paloh untuk bersatu mendukung pasangan Sutarmidji-Didi demi melanjutkan pembangunan di Kalbar.

“Program-program yang disampaikan sangat nyata dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadi, mari kita satukan niat dan bergerak bersama untuk memenangkan pasangan nomor 1,” ajaknya. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Cawagub Didi Haryono Disambut Hangat Masyarakat Saat Hadir di Peringatan Kelahiran Nabi Kongzi 2575

KalbarOnline, Pontianak - Calon wakil Gubernur Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono menghadiri peringatan Kelahiran…

40 mins ago

Mensos RI Apresiasi Pemkot Pontianak Atasi Kemiskinan Ekstrem

KalbarOnline, Jakarta – Menteri Sosial (Mensos) RI Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul…

42 mins ago

Mia Islamidewi Juarai Sayembara Cerpen Membaca Pontianak 2024

KalbarOnline, Pontianak - Cerpen Mia Islamidewi berjudul "Riak" berhasil menjadi juara Sayembara Cerpen Membaca Pontianak.…

50 mins ago

Gol A Gong Kampanyekan Gemar Membaca di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Duta Baca Indonesia, Gol A Gong mengajak seluruh warga kota Pontianak membaca…

52 mins ago

Lima Pasangan Terjaring Razia Kos Satpol PP Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pontianak mengamankan lima pasangan tidak…

53 mins ago

Pontianak Tanpa Kantong Plastik Mulai 2025, Ini Cara Mendapatkan Tas Belanja dari DLH

KalbarOnline, Pontianak - Mulai tanggal 1 Januari 2025, seluruh pelaku usaha di Pontianak, Kalimantan Barat,…

4 hours ago