Calon Gubernur Sutarmidji bersama Didi Haryono Hadiri Pelantikan DPRD Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji dan Didi Haryono (Midji-Didi) kompak menghadiri pelantikan Anggota DPRD Provinsi Kalbar masa jabatan 2024 – 2029 di ruang Balairungsari Kantor DPRD Kalbar, Senin (30/09/2024).

Di sana, keduanya bertemu rekan, kolega dan sejumlah tokoh. Salah satunya mantan Gubernur Kalbar dua periode, Cornelis beserta istri. Mereka terlihat tampak akrab. Sesekali mereka kedapatan kamera media sedang bersenda gurau.

Usai pengucapan sumpah janji anggota DPRD Provinsi Kalbar, Sutarmidji dan Didi bersama Cornelis memberikan ucapan selamat kepada 65 anggota dewan yang resmi dilantik.

Sebanyak 65 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat masa jabatan 2024 – 2029 resmi dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini, Senin (30/09/2024). Dari jumlah tersebut 29 orang diantaranya adalah wajah baru.

Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Balairungsari Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat. Sumpah/janji jabatan legislatif ini dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak yang disaksikan oleh Forkopimda Kalbar dan stakeholder lainnya. Prosesi dilakukan dengan penyematan lencana oleh Pj Gubernur Kalbar.

Anggota DPRD Kalbar periode 2024 – 2029 yang dilantik merupakan caleg terpilih hasil pileg 2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak, yakni 13 kursi.

Selanjutnya, Nasdem 10 kursi, Gerindra 9 kursi, Demokrat 6 kursi, PKB 5 kursi, PAN 5 kursi, Hanura 4 kursi, PKS 2 kursi dan PPP 2 kursi.

Minsen, anggota dari PDIP terpilih menjadi Ketua DPRD Provinsi Kalbar Sementara. Lalu, Subhan Nur dari Partai Nasdem terpilih menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar Sementara. Mereka terpilih berdasarkan perolehan kursi terbanyak partai pada pileg 2024.

Tugas awal mereka adalah membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang meliputi fraksi, komisi, badan legislasi, badan pembentukan perda, dan badan anggaran, untuk mendukung fungsi DPRD dalam menjalankan tugas legislasi, pengawasan dan anggaran. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

15 Politisi Perempuan Penuhi DPRD Kalbar, Angeline: Siap Suarakan Aspirasi Wanita

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 65 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat masa…

24 mins ago

5 Drama Korea Terbaru yang Tayang di Oktober 2024, Wajib Ditonton!

KalbarOnline.com - Bulan Oktober 2024 menjadi momen yang dinantikan oleh para penggemar drama Korea. Sejumlah…

33 mins ago

Core Tax, Sistem Pajak Canggih Indonesia yang Mulai Berlaku 1 Januari 2025

KalbarOnline.com - Pemerintah Indonesia bakal memberlakukan sistem Core Tax sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan efisiensi…

1 hour ago

Pasar Tunggu Rilis Inflasi RI September 2024, Rupiah Malah Turun, Melemah 5 Poin

KalbarOnline.com - Di tengah pasar menunggu rilis inflasi domestik September 2024 oleh Badan Pusat Statistik…

1 hour ago

Pelantikan Anggota DPRD Kalbar, Pj Gubernur Harisson: Harus Utamakan Kepentingan Rakyat

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 65 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat masa…

3 hours ago

Kembali Terpilih Jadi Anggota DPRD Kalbar, Angeline Fremalco Siap Wakili Suara Masyarakat

KalbarOnline, Pontianak - Angeline Fremalco dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali terpilih sebagai Anggota…

3 hours ago