Pemkot Pontianak Optimis Tekan Stunting Lewat Konsumsi Pangan Lokal B2SA

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar edukasi konsumsi pangan lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di Aula Kantor Camat Pontianak Timur, Selasa (01/10/2024).

Program edukasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk hidup sehat, aktif dan produktif kepada masyarakat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengapresiasi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar yang telah mengalokasikan anggaran untuk program penanganan stunting. Melalui edukasi konsumsi pangan lokal B2SA ini, ia berharap, angka stunting di Kota Pontianak terus menurun.

Di Kota Pontianak, penurunan stunting menunjukkan hasil yang signifikan dari tahun ke tahun. Mulai dari 2021 angka stunting berada di 24,4 persen, turun menjadi 19,7 persen di tahun 2022. Kemudian tahun 2023 angka stunting berhasil ditekan menjadi 16,7 persen.

“Mudah-mudahan target 14 persen di akhir 2024 bisa terealisasi, apalagi Kota Pontianak sempat mendapat insentif fiskal dari pemerintah pusat,” ujarnya usai membuka kegiatan itu.

Pada kesempatan itu, Pemkot Pontianak juga menyerahkan bantuan beras cadangan pangan sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi dalam mensukseskan program ini.

“Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama di Pontianak Timur,” tuturnya.

Program edukasi ini merupakan bagian dari rencana aksi untuk percepatan penurunan stunting di Kota Pontianak. Pemkot Pontianak berkomitmen untuk terus mengevaluasi dan mengembangkan program ini guna mencapai target penurunan angka stunting yang signifikan.

“Saya berharap melalui edukasi ini, masyarakat Pontianak akan lebih memahami bahwa pangan lokal kita kaya akan gizi sehingga bisa mencegah stunting dan membangun generasi yang lebih sehat,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Daftar 5 Drama Korea Terbaru Oktober 2024, Ada Hellbound 2

KalbarOnline.com - Sejumlah drama korea terbaru akan tayang mulai bulan Oktober. Beberapa drama merupakan spin-off atau cerita baru dari…

26 mins ago

Logistik Bilik Suara Untuk Pilkada Kapuas Hulu Dikawal Ketat Polisi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polres Kapuas Hulu melaksanakan pengawalan ketat terhadap logistik pemilu berupa bilik…

2 hours ago

8 Tips Mendapatkan Kulit Sehat dan Cerah, Simak Selengkapnya!

KalbarOnline.com - Memiliki kulit yang sehat dan cerah merupakan dambaan banyak orang, terutama perempuan. Namun,…

2 hours ago

Lima Tahun Sutarmidji Pimpin Kalbar Pembangunan Sambas Makin Maju, Prabasa: Jembatan Sungai Sambas Terwujud, Jalan Semakin Mulus

KalbarOnline, Pontianak - Anggota DPRD Kalimantan Barat asal daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Sambas, Prabasa Anantatur…

3 hours ago

Diskumdag Tandai 27 Kios dan Los Tunggak Sewa, Lewat Tiga Hari Tak Bayar Bakal Benar-benar Digembok

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak melakukan penempelan banner…

3 hours ago

Pj Wali Kota Pontianak Imbau ASN Gencarkan Gerakan Tanpa Plastik

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar apel memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh…

3 hours ago