Pj Wali Kota Pontianak Imbau ASN Gencarkan Gerakan Tanpa Plastik

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar apel memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh tiap tanggal 1 Oktober.  Melalui momentum ini, Penjabat (Pj)  Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menyampaikan pesan untuk menggaungkan Gerakan Kota Pontianak Tanpa Kantong Plastik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Pontianak.

Ia mengajak seluruh ASN dan masyarakat Kota Pontianak berperan aktif dalam gerakan ini.

“Hari ini, kita harus meningkatkan gerakan ini secara massal, dimulai dari ASN di lingkungan Pemkot Pontianak. Kita bisa membawa tas sendiri, menggunakan wadah ramah lingkungan, serta mengedukasi keluarga dan teman-teman tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup,” ujarnya usai apel di halaman Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (01/10/2024).

Peringatan ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat integritas, kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat, serta bersama-sama membangun Kota Pontianak yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Dengan begitu, kita tidak hanya merayakan Hari Kesaktian Pancasila, tetapi juga menerapkan nilai-nilainya dalam aksi nyata yang bermanfaat bagi lingkungan kita. Hal ini sejalan dengan visi Pontianak sebagai kota khatulistiwa yang berwawasan lingkungan, cerdas, dan bermartabat,” katanya.

Momentum Hari Kesaktian Pancasila ini, Ani Sofian juga menekankan pentingnya merefleksikan nilai-nilai Pancasila sebagai langkah awal menuju cita-cita bangsa.

“Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, diawali dengan tragedi kelam G30S PKI. Hari ini kita kembali berkumpul untuk memperingati betapa pentingnya menjaga Pancasila sebagai ideologi dasar negara,” ucapnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. Dia menjelaskan, Indonesia Emas merupakan cita-cita bersama menuju masa depan yang cerah, dimana Indonesia menjadi negara yang lebih maju, kuat, tangguh dan mendunia.

“Cita-cita ini hanya bisa dicapai ketika seluruh rakyat Indonesia bersatu, bekerja sama serta berkolaborasi. Semua ini hanya terjadi ketika rakyat Indonesia berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Daftar 5 Drama Korea Terbaru Oktober 2024, Ada Hellbound 2

KalbarOnline.com - Sejumlah drama korea terbaru akan tayang mulai bulan Oktober. Beberapa drama merupakan spin-off atau cerita baru dari…

25 mins ago

Logistik Bilik Suara Untuk Pilkada Kapuas Hulu Dikawal Ketat Polisi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polres Kapuas Hulu melaksanakan pengawalan ketat terhadap logistik pemilu berupa bilik…

2 hours ago

8 Tips Mendapatkan Kulit Sehat dan Cerah, Simak Selengkapnya!

KalbarOnline.com - Memiliki kulit yang sehat dan cerah merupakan dambaan banyak orang, terutama perempuan. Namun,…

2 hours ago

Lima Tahun Sutarmidji Pimpin Kalbar Pembangunan Sambas Makin Maju, Prabasa: Jembatan Sungai Sambas Terwujud, Jalan Semakin Mulus

KalbarOnline, Pontianak - Anggota DPRD Kalimantan Barat asal daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Sambas, Prabasa Anantatur…

3 hours ago

Diskumdag Tandai 27 Kios dan Los Tunggak Sewa, Lewat Tiga Hari Tak Bayar Bakal Benar-benar Digembok

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak melakukan penempelan banner…

3 hours ago

Pemkot Pontianak Optimis Tekan Stunting Lewat Konsumsi Pangan Lokal B2SA

KalbarOnline, Pontianak - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak…

3 hours ago