Zulkarnain Paparkan Strategi Pemkot Tingkatkan SPBE

KalbarOnline, Pontianak – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun atas Transformasi dan Keterpaduan Layanan Publik Berbasis Digital 2024 yang diikuti seluruh dinas komunikasi dan informatika (diskominfo) se-Kalbar.

Kadiskominfo Kota Pontianak, Zulkarnain yang menjadi satu di antara tiga narasumber dalam kegiatan itu memaparkan beberapa hal mengenai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam meningkatkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Indeks SPBE Pontianak tertinggi untuk tingkat kabupaten kota, indeks kita berada di bawah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Tujuan utama meningkatkan nilai SPBE untuk mendukung pelayanan publik yang efektif dan efisien,” jelasnya usai menjadi narasumber di Kantor BPKP Kalbar Jalan Ahmad Yani, Rabu (02/10/2024).

Lewat sharing session tersebut, Zulkarnain optimis kalau nilai indeks SPBE di kabupaten lain di Kalbar ikut meningkat. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antar instansi untuk menciptakan sistem yang terintegrasi dan efisien.

“Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Kadiskominfo juga membagikan pengalaman Kota Pontianak dalam menerapkan berbagai aplikasi dan platform digital untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan publik. Ia menyebutkan beberapa inovasi yang telah diterapkan, seperti aplikasi pengaduan online dan sistem informasi pelayanan yang transparan.

Ia juga menyampaikan tentang implementasi sistem absen pegawai menggunakan QR code, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi data kehadiran. Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan pengawasan serta mendukung transformasi digital di lingkungan Pemkot Pontianak.

“Presensi absen menggunakan aplikasi Hadir, sekarang sedang dalam tahap uji coba pengembangan dengan QR code sebagai langkah meningkatkan kedisiplinan pegawai,” pungkas Zulkarnain. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sowan ke Habib Helmi Al-Hinduan Singkawang, Norsan Mohon Doa Kelancaran di Pilkada

KalbarOnline, Singkawang - Calon Gubernur Kalbar nomor urut 2, Ria Norsan bersilaturahmi ke kediaman Habib…

20 mins ago

Temui Warga Sekadau, Cawagub Didi Pastikan Beri Perhatian Serius Untuk Kemajuan Olahraga Kalbar

KalbarOnline, Sekadau - Calon Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono mengajak generasi muda…

21 mins ago

Persilakan Edward Akbar Bertemu Anak, Kimberly Ryder Hanya Beri Syarat

KalbarOnline.com – Baru-baru ini, Kimberly Ryder mengungkapkan kekesalannya terhadap Edward Akbar yang mengeklaim kesulitan bertemu…

44 mins ago

Sinopsis Film “Love in the Big City”, Sajikan Tawa hingga Plot Twist Tak Terduga

KalbarOnline.com - Film "Love in The Big City" yang dibintangi oleh Kim Go Eun dan Noh Sang Hyun bakal…

1 hour ago

Tarif Listrik Triwulan IV Tidak Naik, PLN Jaga Pelayanan Listrik Tetap Andal

KalbarOnline.com – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan tarif tenaga listrik…

1 hour ago

Akhirnya, Rose BLACKPINK Umumkan Full Studio Album Pertamanya yang Berjudul Rosie

KalbarOnline.com - Rose BLACKPINK resmi mengumumkan full studio album pertamanya melalui akun media sosial pribadinya pada Rabu (2/10/2024).…

1 hour ago