Dialog Bersama Warga Singkawang, Norsan Bakal Beri Modal UMKM Tanpa Bunga

KalbarOnline, Singkawang – Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan menyatakan komitmen untuk memberdayakan Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal ini, disampaikan Ria Norsan saat berdialog dengan ratusan warga di Aming Coffee, Kota Singkawang, dalam agenda “Ekspresi Semangat Baru”, Kamis (03/10/2024).

Norsan mengatakan, gebrakan terhadap pemberdayaan UMKM ini sesuai dengan prinsip pembangunan yang dia godok bersama pasangannya, Calon Wakil Gubernur Kalbar, Krisantus Kurniawan.

“Meningkatkan peran UMKM. UMKM ini perlu ditingkatkan karena UMKM adalah ujung tombak ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemberdayaan UMKM ke depan, akan didorong agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga kendala dalam pengembangan UMKM seperti akses permodalan akan diatasi.

“Kendala kita selama ini adalah modal, fulus. Insyaallah kalau saya jadi Gubernur Kalbar, UMKM tidak akan susah permodalan lagi,” ujarnya.

Norsan bersama Krisantus telah merancang skema tertentu untuk permodalan UMKM yang mudah diakses. Bahkan tak hanya itu, nasabah nantinya tak akan terbebani oleh bunga.

Pemberdayaan UMKM itu, akan bersinergi dengan bank pembangunan daerah (BPD) dalam hal ini Bank Kalbar. Saham Bank Kalbar yang notabene dimiliki pemda akan diminta memberikan modal untuk UMKM.

“Kalau saya jadi gubernur, saya akan perintahkan wali kota dan bupati seluruh Kalbar, berikan pinjaman lunak dengan UMKM. Dengan catatan tanpa bunga. Minimal Rp 5 juta dan maksimal Rp200 juta,” tegas Norsan.

Norsan memastikan, janji ini akan dia tepati bersama Krisantus. Sebab, hal ini adalah komitmennya untuk membangun Kalbar dari berbagai sektor termasuk perekonomian rakyat.

“Janji sudah diucapkan namanya utang. Mau lihat saya bohong atau tidak, lihat nanti pas sudah jadi gubernur. Makanya jadikan dulu saya sebagai gubernur,” ujar Norsan disambut riuh warga.

Wakil Gubernur Kalbar periode 2018 – 2024 ini mengatakan, cukup memahami skema permodalan yang akan dibangun lantaran dia juga memiliki basis sebagai pengusaha.

“Jadi tahu saya caranya. 50 sampai 200 juta tak jadi masalah. Dan ini juga tanpa agunan. Dengan modal itu nanti, bisa meningkatkan UMKM dan mendorong lapangan pekerjaan,” katanya.

Norsan menambahkan, penyertaan modal tanpa bunga ini sudah pernah dia terapkan di Baitul Maal Wa Tamwil. Di mana para pedagang kecil diberikan bantuan modal tanpa diminta keuntungan dari bunga. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Wahyu Sapa Anak Muda dan Siap Membuka Diri dengan Gagasan Para Pemuda

KalbarOnline, Putussibau - Calon Bupati Kapuas Hulu nomor urut 2 dari Koalisi Menyala, Wahyudi Hidayat…

46 mins ago

Komitmen Sutarmidji: Sekretariat PKBM di 14 Kabupaten Kota Bantu Perkuat Pendidikan Non Formal

KalbarOnline, Pontianak - Perhatian Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji, terhadap dunia…

55 mins ago

Hari Pertama TMMD di Desa Selaup, Aparat Sasar RTLH Milik Ibu Salemah

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Anggota Kodim 1206/Putussibau yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-122 tahun…

2 hours ago

Rasakan Kebijakan Pro Pendidikan Non Formal, Garda Peduli Pendidikan Masyarakat se-Kalbar Siap Menangkan Sutarmidji-Didi Haryono

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur (Cagub) Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menghadiri kegiatan…

2 hours ago

Isu Kesehatan Mental Jadi Isu Utama dalam Film Aku Jati, Aku Asperger

KalbarOnline.com - Poster dan trailer film Aku Jati, Aku Asperger resmi dirilis oleh Falcon Pictures pada…

2 hours ago

Kenali Tanda-tanda Mental Sedang Lelah, Jangan Diabaikan

KalbarOnline.com - Di tengah tuntutan kehidupan modern yang semakin kompleks, tidak sedikit dari kita yang…

3 hours ago