Presiden Jokowi Resmikan PLBN Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyaksikan peresmian 7 (tujuh) Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, di Ruang Data Analisis Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (02/10/2024).

Peresmian tersebut dilaksanakan secara simbolik di PLBN Napan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Khusus Provinsi Kalimantan Barat yakni PLBN Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang salah satu PLBN yang diresmikan oleh Presiden ke-7 Indonesia ini.

Jokowi mengatakan, PLBN merupakan beranda depan Indonesia yang mewakili wajah negara. PLBN juga merupakan representasi dari kemajuan negara.

“Ini merupakan usaha kita untuk pemerataan pembangunan hingga sampai di perbatasan yang berfungsi sebagai buffer zone (zona penyangga) pertahanan negara kita Indonesia,” katanya.

Jokowi juga berharap, PLBN terpadu ini dapat meningkatkan pelayanan masyarakat Indonesia yang melintasi perbatasan dan meningkatkan keamanan wilayah perbatasan.

“Tentunya mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru di perbatasan dan membuat masyarakat kita di perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia,” ujarnya.

Total anggaran pembangunan tujuh PLBN yang diresmikan tersebut sebesar Rp 1,3 triliun. Adapun rincian anggarannya, yaitu PLBN Napan di Timur Tengah Utara di NTT sebesar Rp 128 miliar, PLBN Serasan di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp 145 miliar.

“Yang ketiga PLBN Jagoi Babang ini di Kabupaten Bengkayang di Kalimantan Barat dibangun dengan anggaran Rp 224 miliar. Dan yang keempat PLBN Seinyamo di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, dibangun dengan biaya anggaran Rp 248 miliar,” jelasnya.

Dilanjutkannya yang kelima, PLBN Labang di Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dibangun dengan anggaran Rp 210 miliar. Kemudian PLBN Long Nawang di Kabupaten Malino Provinsi Kalimantan Utara dengan anggaran Rp 243 miliar.

“Kemudian yang ketujuh di Yetekun, di Distrik Ninati Kabupaten Boven Digul, Papua Selatan, dibangun dengan anggaran biaya Rp 127 miliar,” ungkap Jokowi sembari menutup sambutannya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar mengatakan, bahwa PLBN-PLBN di Kalbar termasuk yang telah diresmikan hari ini diharapkan menjadi gerbang peningkatan ekspor produk-produk unggulan Kalbar.

“Dengan begitu perekonomian Kalbar akan meningkat, dan saya harapkan PLBN di Provinsi Kalbar dapat menjadi pusat perekonomian bagi wisatawan mancanegara maupun lokal,” kata Harisson.

Dirinya turut berharap, keberadaan PLBN-PLBN di Provinsi Kalbar akan menumbuhkan sentra-sentra ekonomi daerah perbatasan bagi para pelaku UMKM.

“Banyak orang Malaysia itu berbelanja ke Kota Bandung, ke Jakarta, hal ini seperti saya harapkan, mereka tidak perlu lagi untuk kesana melainkan kita yang membawa produk-produk kita ke perbatasan. Jadi warga Malaysia/Sarawak itu berbelanja di pasar PLBN kita, dengan begitu akan membuat tumbuh kembang UMKM maupun sentra ekonomi di PLBN,” tutup Harisson.

Peresmian PLBN Jagoi Babang yang berdiri di atas lahan seluas 143.200 meter persegi ini menandai babak baru dalam upaya pengembangan wilayah perbatasan di Kalimantan Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, model infrastruktur PLBN Jagoi Babang dan merupakan tapal batas antara Indonesia dan Serikin (Malaysia) ini didominasi motif budaya Dayak Bidayuh, seperti gerbang kedatangan yang menampilkan tameng ukiran dayak dan menara pengintai yang dibuat menyerupai Rumah Baluk.

Suku Dayak Bidayuh adalah salah satu dari tujuh suku besar Dayak di Kalimantan yaitu Murut, Banuaka, Ngaju, Iban, Kayan, Ma’anyan, dan Bidayuh. Populasi masyarakat Dayak Bidayuh mencakup wilayah Kabupaten Sanggau, Bengkayang dan sebagiannya menyebar di wilayah Sekadau, Ketapang, dan Sambas.

PLBN Jagoi Babang sendiri bagian dari program strategis pembangunan 11 PLBN dan telah diatur dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Kawasan ini memiliki tiga zona, yakni zona penunjang 1 sebagai tempat wisma dan mess, zona penunjang 2 sebagai lokasi rekreasi, ibadah dan perdagangan, serta zona inti yang merupakan bangunan utama PLBN Jagoi Babang. Ketiga zona ini menjadi saksi bisu pergerakan ekonomi di tapal batas Indonesia.

Dari sisi aktivitas perlintasan barang, komoditas ekspor yang berlalu-lalang di PLBN Jagoi Babang adalah hasil pertanian seperti sayur dan buah serta kerajinan rotan. Sedangkan komoditas impornya adalah bahan kebutuhan pokok, seperti makanan dan sabun.

Dengan investasi infrastruktur yang signifikan dan visi untuk menjadikan PLBN sebagai sentra ekonomi, diharapkan fasilitas ini akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan, serta penguatan keamanan dan kedaulatan negara.

Langkah strategis ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke wilayah terdepan Indonesia, sekaligus membuka peluang baru bagi Kalimantan Barat untuk memaksimalkan potensinya sebagai gerbang perdagangan internasional. (Jau/Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Ketahuan Mencuri, Remaja di Pontianak Dianiaya Hingga Meninggal Dunia

KalbarOnline, Pontianak - Ketahuan mencuri mesin molen di proyek perumahan, seorang remaja berinisial A berusia…

21 mins ago

Sutarmidji Dikerumuni Warga Saat Menyapa Komunitas Remi Box Pontianak

KalbarOnline, Pontianak, - Calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menyaksikan gelaran…

36 mins ago

Anggota DPRD Pontianak Ikuti Bimtek Keluarga Berintegrasi dari KPK RI

KalbarOnline, Pontianak – Sebagai bentuk komitmen pencegahan perilaku korupsi di lingkungan pejabat publik, seluruh Anggota…

36 mins ago

Polisi Temukan Motif Wanita Tewas Usai Loncat dari Lantai 3 Mall Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya - Seorang wanita berusia 38 tahun asal Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan,…

38 mins ago

Libatkan Konten Kreator, 210 UMKM Pontianak Belajar Pemasaran Produk

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 210 pelaku usaha mengikuti workshop yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak…

40 mins ago

Zulkarnain Paparkan Strategi Pemkot Tingkatkan SPBE

KalbarOnline, Pontianak – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Diskusi…

43 mins ago