500 Warga Sungai Kelambu Sambut Norsan, Sarjana Bangun Desa Jadi Program Andalan

KalbarOnline, Tebas – 500-an warga menyambut kedatangan calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan di Desa Sungai Kelambu, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Jumat (04/10/2024) siang.

Dalam pertemuan tersebut, Norsan menyerap aspirasi masyarakat yang menginginkan adanya pembenahan dan pemerataan pembangunan di daerah mereka.

Salah satu yang menjadi harapan warga dan akan difokuskan Norsan adalah soal pemenuhan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama anak muda yang ada di desa.

Pemenuhan lapangan kerja itu bakal disinkronisasi dengan program satu sarjana satu desa. Hal ini diyakini akan menekan angka pengangguran di desa dengan memberdayakan sarjana untuk membantu pembangunan desa.

“Untuk mengatasi sarjana yang nganggur, program saya yakni satu desa satu sarjana,” kata Norsan.

Norsan mengatakan, di Kalbar sendiri terdapat 2.045 desa. Sehingga, bakal menyerap ribuan sarjana yang kemudian diberdayakan untuk memberikan pelatihan dan penyuluhan warga desa, dan akan berdampak pada pembukaan lapangan kerja baru.

“Melakukan penyuluhan tentang pembangunan desa yang mengutamakan anak daerah. Kita rekrut dan berikan gaji. Program provinsi penerapan di desa. Nanti bisa meningkatkan pembangunan desa,” kata Norsan.

Norsan mengatakan, sarjana desa itu nantinya juga akan berkolaborasi dengan masyarakat desa dengan berbagai latar belakang profesi. Diharapkan, sarjana desa ini memperkuat segala sektor di setiap desa.

“Nanti kita berikan pengertian kelulusan sarjana untuk kembali k desa ikut membangun. Nanti mereka memanajerial. Misalnya di bidang pertanian, kolaborasi dengan petani,” tandas Norsan. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Lewat “Kincah Midji”, Sutarmidji Ajak Milenial dan Gen Z Berdialog Tanpa Jarak

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menghadiri dialog interaktif…

2 hours ago

Syarif Abdullah Yakin Sutarmidji-Didi Haryono Bakal Bikin Kalbar Semakin Maju

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat 2024, Anggota DPR RI, Syarif Abdullah menyatakan…

2 hours ago

Manfaat Madu untuk Wajah: Rahasia Alami Kecantikan Kulit

KalbarOnline.com - Madu telah lama dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat, terutama dalam dunia…

4 hours ago

Bank Kalbar Komitmen Majukan UMKM Perbatasan

KalbarOnline, Entikong - Bank Kalbar turut aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan Kalimantan…

4 hours ago

Jadi Perwakilan Thailand, How to Make Millions Before Grandma Dies Melenggang ke Oscar 2025

KalbarOnline.com - Film How to Make Millions Before Grandma Dies dipilih oleh The National Federation…

4 hours ago

Midji-Didi Konsisten Kampanyekan Program, Minta Pendukung Satukan Langkah

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji meminta kepada para pendukungnya untuk mengedepankan…

5 hours ago