Harisson Tekankan Peningkatan Pelayanan PLBN Entikong sebagai Beranda Terdepan Indonesia

KalbarOnline, Entikong – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson meninjau langsung pelayanan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, Jumat (04/10/2024).

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan penanganan pelaku perjalanan internasional di pintu masuk negara berjalan dengan baik dan lancar.

Usai meninjau kawasan PLBN Entikong, Harisson mengungkapkan, bahwa PLBN merupakan simbol kemajuan negara dan harus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelintas batas.

“Peningkatan pelayanan di PLBN tidak boleh hanya menjadi slogan semata, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Kita perlu memeriksa standar operasional prosedur (SOP) yang ada, memperbaiki kekurangan, serta menambah sarana dan prasarana agar pelayanan lebih optimal,” ujar Harisson.

Selain memastikan kelancaran pelayanan, Harisson juga berharap agar pergerakan orang dan barang di PLBN Entikong dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya sektor UMKM di sekitar wilayah perbatasan. Ia menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan instansi terkait untuk mendukung perkembangan ekonomi perbatasan.

“Dengan optimalisasi PLBN, kita ingin wilayah ini menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kalbar. Terminal barang internasional nantinya akan menjadi tempat penyimpanan barang impor dan ekspor, yang memudahkan pengecekan serta distribusi barang,” tambahnya.

Harisson juga menyebutkan, bahwa dengan beroperasinya empat PLBN di Kalbar. Ia berharap akan terjadi lompatan besar dalam pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut.

Lebih lanjut menurutnya, PLBN harus menjadi beranda pelayanan terdepan yang mencerminkan kemajuan negara, baik dari segi fasilitas, teknologi, maupun kenyamanan pelayanan.

“Saya ingin pelayanan di PLBN ini menunjukan kemajuan negara sebagai beranda terdepan negara Indonesia dengan negara tetangga, untuk itu fasilitas, kemudahan dan kenyamanan harus ditingkatkan. Jangan sampai gedung sudah bagus pelayanan masih manual. Harus sudah digitalisasi, tidak boleh kalah dari negara sebelah,” tukasnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

500 Warga Sungai Kelambu Sambut Norsan, Sarjana Bangun Desa Jadi Program Andalan

KalbarOnline, Tebas - 500-an warga menyambut kedatangan calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria…

1 hour ago

Manfaat Madu untuk Wajah: Rahasia Alami Kecantikan Kulit

KalbarOnline.com - Madu telah lama dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat, terutama dalam dunia…

2 hours ago

Bank Kalbar Komitmen Majukan UMKM Perbatasan

KalbarOnline, Entikong - Bank Kalbar turut aktif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah perbatasan Kalimantan…

2 hours ago

Jadi Perwakilan Thailand, How to Make Millions Before Grandma Dies Melenggang ke Oscar 2025

KalbarOnline.com - Film How to Make Millions Before Grandma Dies dipilih oleh The National Federation…

2 hours ago

Midji-Didi Konsisten Kampanyekan Program, Minta Pendukung Satukan Langkah

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji meminta kepada para pendukungnya untuk mengedepankan…

3 hours ago

PLBN Sebagai Penggerak Ekonomi, Pj Gubernur Kalbar Tekankan Penguatan Akses dan Keamanan

KalbarOnline, Entikong - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin rapat koordinasi (rakor) membahas…

3 hours ago