Tips Dapatkan Wajah Cerah Secara Alami yang Wajib Kamu Coba!

KalbarOnline.com – Memiliki kulit wajah yang cerah dan bercahaya menjadi dambaan banyak orang. Selain terlihat sehat, kulit yang cerah juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan wajah cerah secara alami tanpa bantuan produk kimia:

  1. Rajin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin sangat penting untuk menghilangkan kotoran, debu, dan minyak berlebih yang menumpuk.

Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit setidaknya dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Hindari membersihkan wajah dengan sabun mandi biasa karena bisa membuat kulit kering.

  1. Menggunakan Masker Alami

Manfaatkan bahan-bahan alami seperti madu, lemon, lidah buaya, atau yoghurt sebagai masker wajah.

Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat memberikan kelembapan, sementara lemon membantu mencerahkan dan mengurangi bintik hitam. Oleskan masker selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati penting untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati dan merangsang regenerasi sel baru.

Gunakan scrub alami seperti campuran gula dan minyak zaitun atau bubuk kopi dan yoghurt. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu agar kulit tetap halus dan cerah.

Ilustrasi kulit wajah cerah secara alami. Foto: istockphoto.com
  1. Cukupi Kebutuhan Air

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan bercahaya. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

  1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya bintik hitam. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Ini akan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan mencegah penuaan dini.

  1. Kurangi Stres

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit karena memicu produksi hormon kortisol yang dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam. Luangkan waktu untuk relaksasi seperti meditasi, olahraga ringan, atau melakukan hobi yang disukai.

Dengan menerapkan tips-tips di atas secara rutin, wajah cerah dan sehat dapat tercapai secara alami. Penting untuk menjaga pola hidup sehat dan memberikan perawatan yang tepat agar hasilnya optimal. (*)

Shella Rimang

Share
Published by
Shella Rimang

Recent Posts

Warga Jungkat Sambut Antusias Sambut Kehadiran Midji, Siap Menangkan Paslon Nomor 1 di Pilgub Kalbar

KalbarOnline, Mempawah-Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menghadiri kampanye dialogis sekaligus sosialisasi,…

18 mins ago

Gyeongseong Creature Kalah dengan Program Netflix Lain, Meski Biaya Produksi Capai Puluhan Miliar Won

KalbarOnline.com - Drama Gyeongseong Creature dikabarkan masih kalah dengan salah satu program dari Netflix lain, yakni Culinary…

1 hour ago

Polsek Putussibau Selatan Lakukan Pengamanan Ketat Kampanye Terbatas Paslon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1

KalbarOnline, Putussibau – Polres Kapuas Hulu mengerahkan personel untuk mengamankan kegiatan kampanye terbatas yang digelar…

5 hours ago

Satgas TMMD Reguler ke-122, Kodim Putussibau Laksanakan Pembuatan Sumur Bor di Desa Selaup

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Sejalan dengan program utama Kasad, TNI AD Manunggal Air, TMMD Reguler…

5 hours ago

Kompak Dukung Paslon Nomor 1, Masyarakat Sungai Kunyit Curhat Tak Rasakan Dampak Investasi

KalbarOnline, Mempawah - Ratusan masyarakat Desa Sungai Limau, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah antusias mengikuti…

6 hours ago

Yakin Lolos dari Kasus Dugaan Asusila, Vadel Badjideh: Itu Semua Fitnah

KalbarOnline.com - Klarifikasi usai menjalani pemeriksaan sudah diberikan oleh Vadel Badjideh. Seperti diketahui, ia diperiksa…

7 hours ago