Pedagang di Pasar PLBN Entikong Keluhkan Sepi Pengunjung, Hanya Terjual 3 Pakaian dalam Seminggu

KalbarOnline, Entikong – Pedagang di Pasar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong mengeluhkan masih sepinya pengunjung ke pasar modern di kawasan tersebut. Salah satu pemilik kios, Supandi mengatakan kondisi sepinya pasar tersebut sudah dirasakan cukup lama, yakni sejak 3 tahun lalu.

Supandi mengungkapkan, bahwa lonjakan pengunjung biasanya terjadi saat perayaan tahun baru atau hari-hari besar lainnya. Namun pada hari biasa, penjualan sangat sepi.

“Kalau satu minggu, penjualan hanya 3-4 potong baju, tidak pernah banyak. Kita buka setiap hari dengan harapan bisa maju,” katanya.

Pemilik kios pakaian itu mengungkapkan, di pasar Entikong terdapat sekitar 80 kios, namun saat ini hanya 15 kios yang aktif beroperasi. Sebagian besar kios menjual pakaian seperti dirinya. Menurutnya, salah satu penyebab pasar tersebut sepi pengunjung baik dari lokal maupun dari luar negeri, karena akses bagi pelintas yang masih belum memadai.

“Harapan pemerintah supaya pengunjung luar Malaysia dimudahkan kunjungannya sehari-hari, supaya ekonomi di pasar ini meningkat. Bukan hanya untuk pedagang di sini di Entikong saja, tapi juga bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” ujar Supandi.

Supandi yang telah berjualan selama lebih dari 10 tahun itu mengatakan, bahwa sebelumnya ia berjualan di pasar lama sebelum pindah ke lokasi baru yang telah berjalan selama tiga tahun.

“Kami berharap pengunjung dari Malaysia dapat dimudahkan datang ke sini, agar perekonomian kita bisa maju,” pungkas Supandi.

Kondisi Pasar Entikong yang sepi itu sempat dibahas oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson dalam rapat koordinasi (rakor) mengenai peningkatan kualitas pelayanan dan pengawasan di PLBN, di Aula Wisma Indonesia, Entikong, Kabupaten Sanggau, pada Jumat (04/10/2024).

Pedagang di Pasar PLBN Entikong.

Harisson kala itu mengatakan Pasar Entikong yang terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia memang diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dengan memaksimalkan arus wisatawan lintas batas.

Ia ingin bagaimana agar penduduk Indonesia yang tinggal di daerah perbatasan bisa menjual komoditas, atau produk-produk yang dihasilkan ke negara tetangga Malaysia. Dengan demikian masyarakat di sana bisa menambah pendapatan, dan meningkatkan ekonomi keluarga.

“Pemerintah pusat sebenarnya sudah menyiapkan pasar PLBN, tapi pasarnya sepi. Itu karena memang mungkin rancangan pasar PLBN, tidak membuat kemudahan akses bagi pembeli,” ujarnya.

Untuk itu, Harisson meminta agar akses menuju pasar PLBN dipermudah. Serta perlu didukung dengan kebijakan agar bisa menjadi tempat peristirahatan (rest area) bagi para penumpang Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) yang melewati PLBN tersebut.

“Misalnya bus singgahnya justru tidak di terminal yang ada pasar PLBN, dia (bus) singgah parkir justru di depan pintu gerbang PLBN. Seharusnya kita buatkan parkir kendaraan itu di pasar PLBN, sehingga mereka (penumpang) bisa turun, bisa ngopi, bisa melihat apa yang dijual di sana, dan membeli di sana,” paparnya.

Kemudian yang juga tak kalah penting dikatakan dia, pemerintah perlu mendorong keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah perbatasan. Seperti memberikan pelatihan dan permodalan. Serta membuka pangsa pasar lebih luas untuk pelaku UMKM di sana.

“Bagaimana mereka (UMKM) bisa menjual produk atau barang-barang yang menarik untuk dijual. Paling penting adalah penduduk dari seberang (Malaysia) ikut menjual apa-apa yang dijual masyarakat kita. Jadi jangan justru kita yang menjual produk-produk mereka (Malaysia),” tegasnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sinopsis Drama China The Rise of Ning: Saat Luo Yi Ning Membantu Luo Shen Yuan

KalbarOnline.com - The Rise of Ning merupakan drama China adaptasi terbaru dari novel berjudul Shou Fu…

8 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Pj Sekda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur…

8 hours ago

Windy Prihastari Siap Promosikan Kerajinan Buatan WBP LPP Pontianak di Dekranasda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat sekaligus Pj Ketua Dekranasda Kalbar,…

8 hours ago

Gelar Festival Nongkrong Senja di Ponti, Pj Gubernur Harisson Apresiasi IJTI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalimantan Barat menggelar Festival Nongkrong Senja di…

9 hours ago

Jelang Sidang pada 10 Oktober, Kuasa Hukum P Diddy Ajukan Jaminan untuk Bebas

KalbarOnline.com – Jaminan untuk bebas diajukan oleh pihak Sean ‘Diddy’ Combs atau P Diddy sehari…

9 hours ago

Burhanudin Ahad Dilantik Sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kalbar Periode 2024 – 2027

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi melantik Burhanudin Ahad sebagai…

10 hours ago