Burhanudin Ahad Dilantik Sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kalbar Periode 2024 – 2027

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi melantik Burhanudin Ahad sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat Periode 2024 – 2027. Pelantikan tersebut berlangsung di ruang Balai Petiti Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (09/10/2024).

Pelantikan ini dihadiri oleh Kapolda Kalbar yang diwakili Dirintel Polda Kalbar, Kombes Pol Munizar, Pangdam XII/Tpr yang diwakili Asintel Kodam XII/Tpr, Kolonel Arh Donny Indiawan, perwakilan Danlanud Supadio, perwakilan Danlantamal XII/Pontianak, perwakilan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, ketua-ketua organisasi adat serta tokoh masyarakat, perwakilan organisasi kemasyarakatan, serta jajaran pemerintah daerah yang turut mendukung terciptanya pembauran kebangsaan yang solid di provinsi ini.

Acara pelantikan ini diawali dengan penampilan tarian multi etnis yang menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Kalimantan Barat, yang saat ini terdiri dari 24 etnis yang tergabung dalam Perkumpulan Merah Putih (PMP) dan tertuang dalam tarian nusantara pembuka acara pelantikan.

Dalam sambutannya, Harisson menyampaikan pentingnya peran FPK sebagai wadah yang mendorong integrasi sosial dan keharmonisan antar etnis, suku, dan budaya di Kalimantan Barat.

“Tarian multi etnis yang ditampilkan tadi menggambarkan keberagaman etnis dan budayanya, dan jika kita rawat dan diramu dengan kebersamaan ternyata membuat kita senang dan tenang sehingga persatuan serta kesatuan itu bisa membahagiakan kita semua,” ungkap Harisson.

Ia berharap, di bawah kepemimpinan Burhanudin Ahad, FPK dapat terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan masyarakat guna menjaga kebhinekaan dan memperkuat rasa persatuan di tengah keragaman yang ada.

“Saya atas Nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terimakasih kepada Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat periode 2021 – 2024 Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Rihat Natsir Silalahi beserta pengurus yang telah melaksanakan tugasnya,” katanya.

“Dan saya ucapkan selamat bekerja kepada Bapak Burhanudin Ahad sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Kalimantan Barat periode 2024 – 2027,” tutur Harisson menambahkan.

Dirinya mengatakan, jika di nusantara ini memiliki ribuan etnis, dan 24 diantaranya ada di Kalimantan Barat. Menurutnya, jika semua etnis tersebut terus merawat dan menjaga serta melakukan pembauran, maka kondisi Kalimantan Barat ini akan baik-baik saja apalagi menjelang pilkada serentak nanti.

“Kita semua berharap suasana jelang pilkada serentak ini bisa terus terjaga dengan baik, peran Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Kalimantan Barat sangat dibutuhkan, kita diuntungkan pilkada saat ini didahului dengan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres),” terangnya.

Harisson melanjutkan, dengan sudah usainya pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres), membuat suasan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tidak sepanas seperti pilkada pada tahun-tahun sebelumnya.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada seluruh pengurus FPK Provinsi Kalimantan Barat serta seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan pilkada serentak dengan menjaga situasi aman damai sehingga mendapat pemimpin secara demokratis.

Sementara itu, Burhanudin Ahad, dalam pidato perdananya sebagai Ketua FPK Provinsi Kalbar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia berkomitmen untuk melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh kepengurusan sebelumnya dan berupaya meningkatkan peran aktif FPK dalam menciptakan suasana kondusif bagi pembangunan sosial di Kalimantan Barat.

“Saya atas nama Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan atensi Bapak Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar serta semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini, dukungan serta arahan guna berjalannya peran FPK ini bisa terlaksana sebagaimana tujuan pokok dan fungsi (tupoksi) organisasi forum pembauran kebangsaan,” ucapnya.

Burhanudin Ahad juga mengajak semua jajaran FPK Kalimantan Barat yang baru saja dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar ini bisa melaksanakan pembauran dan merawat persatuan serta kesatuan bangsa khususnya di Kalimantan Barat.

“Marilah kita semua bahu membahu menjaga keberagaman yang ada di Kalimantan Barat ini khususnya, dan di Indonesia umumnya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan kepada kami yang telah ditunjuk sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kalimantan Barat periode 2024 – 2027,” pungkasnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sinopsis Drama China The Rise of Ning: Saat Luo Yi Ning Membantu Luo Shen Yuan

KalbarOnline.com - The Rise of Ning merupakan drama China adaptasi terbaru dari novel berjudul Shou Fu…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Pj Sekda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur…

3 hours ago

Windy Prihastari Siap Promosikan Kerajinan Buatan WBP LPP Pontianak di Dekranasda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat sekaligus Pj Ketua Dekranasda Kalbar,…

3 hours ago

Gelar Festival Nongkrong Senja di Ponti, Pj Gubernur Harisson Apresiasi IJTI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalimantan Barat menggelar Festival Nongkrong Senja di…

3 hours ago

Jelang Sidang pada 10 Oktober, Kuasa Hukum P Diddy Ajukan Jaminan untuk Bebas

KalbarOnline.com – Jaminan untuk bebas diajukan oleh pihak Sean ‘Diddy’ Combs atau P Diddy sehari…

4 hours ago

Dua Pekan Masa Kampanye, Bawaslu Ketapang Belum Temukan Pelanggaran

KalbarOnline, Ketapang - Masa kampanye kepala daerah pada pilkada 2024 telah berlangsung selama dua pekan…

6 hours ago