Kalbar Duduki Peringkat Dua Nasional Pemprov Cerdas Berkarakter Tahun 2024

KalbarOnline, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional di bidang pendidikan. Kali ini, Kalbar berhasil menduduki peringkat dua nasional Pemprov Cerdas Berkarakter Tahun 2024 yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalbar, Rita Hastarita hadir mewakili Pj Gubernur Kalbar menerima penghargaan tersebut, yang diserahkan oleh Irjen Kemendikbudristek Chatarina Muliana di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Lantai 1, Kemendikbudristek, Senin (07/10/2024).

Rita menjelaskan, Pemerintah Daerah Provinsi Cerdas Berkarakter merupakan pemprov yang berkomitmen dalam pengimplementasian kebijakan penguatan pendidikan karakter profil pelajar Pancasila. Kemudian juga berkomitmen dalam pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, serta penguatan iklim inklusivitas dan kebhinekaan.

“Pemprov Kalbar berkomitmen dalam implementasi kurikulum merdeka, dan kurikulum ini telah dilaksanakan pada jenjang SMA/SMK, untuk mewujudkan profil pelajar pancasila,” ungkap Rita.

Rita pun merasa bangga atas apresiasi dari Kemendikbudristek terhadap Pemprov Kalbar tersebut. Penghargaan ini, kata dia, merupakan capaian dari seluruh satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka, pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah, serta penguatan iklim inklusivitas, dan kebhinekaan.

“Yang semua itu diukur dari hasil rapor pendidikan, dan adanya tim pencegahan penanganan kekerasan di sekolah,” jelasnya.

Rita menambahkan, tak hanya pemprov saja, namun juga ada dua sekolah di Kalbar yang sukses meraih penghargaan di acara yang sama. Yakni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Singkawang, dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

“Dua sekolah tersebut juga mendapatkan apresiasi untuk jenjang satuan pendidikan. Ini merupakan upaya kami untuk mewujudkan profil pelajar pancasila untuk Indonesia Emas 2045,” tuturnya.

Terpisah, Pj Gubernur Kalbar, Harisson menyambut baik prestasi yang diraih Pemprov Kalbar di tingkat nasional tersebut. Menurutnya, hal ini membuktikan bahwa Provinsi Kalbar mampu bersaing dengan provinsi-provinsi lainnya se-Indonesia. Apalagi Kalbar sukses menduduki peringkat dua nasional Pemprov Cerdas Berkarakter Tahun 2024 ini.

Ia pun berharap, tujuan dari pemberian Apresiasi Cerdas Berkarakter 2024 ini benar-benar tercapai. Sehingga Kalbar mampu berkontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita bangsa menuju Indonesia Emas 2045, yang diantaranya bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada ekosistem pendidikan untuk mengimplementasikan kebijakan penguatan karakter.

Lalu tujuan yang kedua memberikan penghargaan atas upaya, dan inovasi yang dilakukan ekosistem pendidikan untuk mengimplementasikan kebijakan penguatan karakter secara berkelanjutan.

“Serta mensosialisasikan kebijakan penguatan karakter kepada para ekosistem pendidikan berupa praktik baik, inisiasi program, kegiatan, dan kebijakan,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sinopsis Drama China The Rise of Ning: Saat Luo Yi Ning Membantu Luo Shen Yuan

KalbarOnline.com - The Rise of Ning merupakan drama China adaptasi terbaru dari novel berjudul Shou Fu…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Pj Sekda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur…

12 hours ago

Windy Prihastari Siap Promosikan Kerajinan Buatan WBP LPP Pontianak di Dekranasda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat sekaligus Pj Ketua Dekranasda Kalbar,…

12 hours ago

Gelar Festival Nongkrong Senja di Ponti, Pj Gubernur Harisson Apresiasi IJTI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalimantan Barat menggelar Festival Nongkrong Senja di…

13 hours ago

Jelang Sidang pada 10 Oktober, Kuasa Hukum P Diddy Ajukan Jaminan untuk Bebas

KalbarOnline.com – Jaminan untuk bebas diajukan oleh pihak Sean ‘Diddy’ Combs atau P Diddy sehari…

13 hours ago

Burhanudin Ahad Dilantik Sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kalbar Periode 2024 – 2027

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi melantik Burhanudin Ahad sebagai…

14 hours ago