RSUD SSMA Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Obat Asam Urat

KalbarOnline, Pontianak – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan serta adanya rasa panas di area persendian.

Asam urat dapat menjadi berbahaya jika tidak ditangani dengan baik, terutama jika terjadi peningkatan kadar asam urat yang kronis dalam darah.

“Kadar asam urat tinggi dapat terjadi karena kombinasi gaya hidup seperti pola makan dan berat badan, faktor genetik serta masalah kesehatan,” jelas Apoteker (Apt) Fikri Destari, S Farm ketika memberikan penyuluhan kesehatan kepada 30 pasien dan pengunjung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Rabu (09/10/2024).

Menurutnya penyakit asam urat terkadang tak cukup diatasi dengan penanganan rumahan, dalam beberapa kasus perlu mengonsumsi obat asam urat untuk mengelola gejalanya.

Obat asam urat bertujuan untuk mengurangi rasa sakit, menurunkan peradangan, dan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Pemberian obat asam urat oleh dokter akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakitnya.

“Pada umumnya obat asam urat akan bekerja dengan dua cara, ada obat yang meningkatkan pengeluaran asam urat lewat urine, ada juga dengan mengurangi metabolisme purin menjadi asam urat.” ungkap Fikri.

Perawatan untuk serangan asam urat dapat diberikan obat NSAID, kolkisin dan kortikosteroid. Sedangkan untuk terapi gout kronis dapat diberikan obat seperti   allupurinol, probenecid, dan pegloticase.

Fikri menambahkan, selain menggunakan obat-obatan, perubahan gaya hidup seperti menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, minum air putih, mengurangi asupan alkohol dan minuman manis serta menghindari makanan tinggi purin (seperti daging merah dan makanan laut) juga sangat membantu dalam mengelola asam urat.

Asam urat dapat menjadi bahaya jika mengalami serangan gout berulang, terbentuk tofi di sendi atau jaringan lain, terjadi komplikasi seperti batu ginjal atau penurunan fungsi ginjal serta adanya peningkatan risiko penyakit jantung atau masalah kardiovaskuler.

“Dengan perawatan yang tepat, asam urat dapat dikelola dengan baik, namun tanpa perawatan komplikasi serius bisa saja terjadi sehingga perlu mengikuti anjuran pengobatan dari dokter untuk mencegah dan mengurangi risiko komplikasi,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sinopsis Drama China The Rise of Ning: Saat Luo Yi Ning Membantu Luo Shen Yuan

KalbarOnline.com - The Rise of Ning merupakan drama China adaptasi terbaru dari novel berjudul Shou Fu…

3 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Pj Sekda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur…

3 hours ago

Windy Prihastari Siap Promosikan Kerajinan Buatan WBP LPP Pontianak di Dekranasda Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat sekaligus Pj Ketua Dekranasda Kalbar,…

3 hours ago

Gelar Festival Nongkrong Senja di Ponti, Pj Gubernur Harisson Apresiasi IJTI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalimantan Barat menggelar Festival Nongkrong Senja di…

3 hours ago

Jelang Sidang pada 10 Oktober, Kuasa Hukum P Diddy Ajukan Jaminan untuk Bebas

KalbarOnline.com – Jaminan untuk bebas diajukan oleh pihak Sean ‘Diddy’ Combs atau P Diddy sehari…

4 hours ago

Burhanudin Ahad Dilantik Sebagai Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kalbar Periode 2024 – 2027

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson secara resmi melantik Burhanudin Ahad sebagai…

5 hours ago