Pekan Pertama Tugas di Ketapang, Kapolres Ziarah ke Makam Tanjung Pura

KalbarOnline, Ketapang – Setelah bersilaturahmi dengan jajaran forkopimda serta tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kabupaten Ketapang, Kapolres Ketapang, AKBP Setiadi berziarah ke komplek makam raja-raja Tanjung Pura, di Desa Tanjung Pura Kecamatan Muara Pawan, Kamis (10/10/2024).

Kedatangan Kapolres Ketapang bersama pejabat utama Polres Ketapang disambut dan didampingi langsung oleh Kapolsek Muara Pawan IPDA Lukman bersama Kordinator Juru Cagar Budaya Balai Pelestarian Makam Raja Tanjung Pura, Bajai dan l Fardiah.

Selama berada di komplek makam raja-raja, AKBP Setiadi dipandu oleh koordinator komplek makam raja, Bajai. Kemudian saat berziarah, kapolres juga mendapat penjelasan secara garis besar tentang sejarah serta silsilah Raja Tanjung Pura.

Kapolres menyampaikan, bahwa kegiatan berziarah ke makam raja-raja adalah suatu tradisi yang rutin dilaksanakan oleh pejabat baru di Kabupaten Ketapang. Dirinya sebagai warga baru di Kabupaten Ketapang sudah sepatutnya berziarah sebagai wujud menghargai sejarah kerajaan Tanjung Pura.

“Kegiatan ini  sebagai bentuk penghargaan kepada sejarah Kerajaan Tanjung Pura sebagaimana kita ketahui Kerajaan Tanjung Pura juga merupakan salah satu kerajaan tertua di Kalimantan Barat ini, dan sangat erat kaitannya dengan berdirinya Kabupaten Ketapang,” ucapnya.

Setelah berziarah di komplek makam Raja Tanjungpura, rombongan Kapolres Ketapang yang didampingi oleh kepala Desa Tanjung Pura serta beberapa tokoh masyarakat juga menyempatkan untuk singgah di situs sejarah Sapu Jagad yang berada tidak jauh dari komplek makam untuk berdialog bersama tokoh masyarakat Desa Tanjung Pura seputar situasi kamtibmas di wilayah Desa Tanjung Pura. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Terima Mesin Jahit, Samsumiati Optimis Perekonomian Meningkat

KalbarOnline, Pontianak – Samsumiati (51 tahun) adalah ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Sungai…

2 mins ago

Warga Suka Bangun Ketapang Kompak Bakal Menangkan Sutarmidji Lagi di Pilgub Kalbar 2024

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melanjutkan kampanye dialogis…

3 mins ago

Teaser Drama The Fiery Priest 2 Dirilis, Kim Hae Il dan Geng Makin Menggila

KalbarOnline.com - Drama The Fiery Priest 2 dikonfirmasi kembali dengan sekuelnya setelah sukses dengan bagian…

14 mins ago

4 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Sosok, Pj Gubernur Kalbar Serukan Penanganan Cepat

KalbarOnline, Sanggau - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson, meninjau langsung bencana banjir yang…

57 mins ago

Pemkab Kapuas Hulu Akan Berikan Bonus kepada Dua Atlet Disabilitas Peraih Medali di Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini mengucapkan selamat dan rasa bangga…

1 hour ago

Bupati Martin Pimpin Apel Gabungan dan Pengambilan Sumpah Janji 660 PNS Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin apel gabungan dan pengambilan sumpah janji 660…

1 hour ago