Pemerintah KKU Gelar Rakerkes Sebagai Upaya Penguatan Transformasi Kesehatan Antar Linsek

KalbarOnline, Kayong Utara – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara (KKU) melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) menggelar rakerkes KB di Hotel Mahkota Kayong, pada Senin (14/10/2024). Kegiatan ini sebagai upaya penguatan transformasi kesehatan melalui lintas sektor (linsek) swasta maupun pemerintah.

Kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan Dinkes Provinsi Kalbar, Pj Bupati Kayong Utara, perwakilan TNI-Polri, OPD terkait serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinkes KB Kayong Utara, Maria Fransisca menerangkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Dalam kesempatan itu dirinya juga mengajak stakeholder terkait untuk menyoroti masalah kesehatan yang ada di KKU.

Rakerkes KB di Hotel Mahkota Kayong, Senin (14/10/2024). (Foto: Sans)

“Kami berharap dinas kesehatan dan keluarga berencana mampu memberikan dorongan, mampu memberikan dongkrakan kemajuan di bidang kesehatan yang dibawa kesejahteraan kepada masyarakat Kabupaten Kayong Utara,” harapnya.

Selain itu, Fransisca juga memberikan apresiasi atas banyaknya standing banner yang dipasang, sehingga ini adalah sebuah inovasi yang telah dilakukan oleh teman-teman dinkes dan RSUD sebagai media promosi kesehatan.

Kemudian terkait komitmen serta penguatan pelayanan kesehatan melalui linsek, Dinkes KB turut menggandeng setiap OPD terkait di setiap kecamatan hingga pemerintah desa.

Rakerkes KB di Hotel Mahkota Kayong, Senin (14/10/2024). (Foto: Sans)

“Sektor-sektor di dinkes KB itu bergandengan tangan, ini ada permasalahan angka kematian ibu, angka kematian bayi masih tinggi misalnya, stunting yang masih tinggi, kemudian desa ODF yang masih sedikit,” jelasnya.

“Secara internal melakukan penguatan untuk melakukan evaluasi setiap minggu, kami belum bisa turun ke lapangan ke 11 puskesmas, 30 pustu, 45 poskesdes setiap bulan. Tapi melalui secara during paling tidak kami bisa mendeteksi ada permasalahan apa secara cepat kita tanggulangi,” tutup Fransisca. (Sans)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Zaini Sambut Kedatangan Dua Atlet Kapuas Hulu Peraih Medali Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyambut kedatangan dua atlet…

43 mins ago

Pemprov Kalbar Lakukan PKS Optimalisasi Pengawasan dan Penyaluran BBM

KalbarOnline, Pontianak - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi…

55 mins ago

Butuh Dokter Spesialis, Pemprov Kalbar dan UGM Jalin Kerja Sama

KalbarOnline, Pontianak - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) yang diketuai Kepala Biro Pelayanan…

56 mins ago

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

1 hour ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

1 hour ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

14 hours ago