Pj Gubernur Harisson Tegaskan ASN Wajib Bersikap Netral

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar apel akbar dalam rangka siaga Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (14/10/2024).

Apel yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson tersebut diikuti Pj Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kalbar beserta ASN yang berada di lingkup Provinsi Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Harisson menyampaikan, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin, dinyatakan bahwa salah satu fungsi Pegawai ASN adalah sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

“Maka guna mewujudkan fungsi tersebut, dalam masa sebelum, selama dan setelah pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada), maka ASN wajib bersikap netral,” tegas Harisson.

Dirinya mengingatkan kepada para ASN serta mengulang kembali ikrar ASN untuk bersikap netral dalam Pemilu maupun Pilkada yang akan datang.

“Akhir-akhir ini ada beberapa laporan tentang ketidaknetralan ASN dalam pilkada, untuk itu saya melakukan kewajiban untuk memanggil kembali ASN di lingkungan Pemprov Kalbar untuk kembali mengingatkan ikrar bahwa ASN harus netral,” ucapnya.

Harisson mengajak ASN di lingkungan Pemprov Kalbar untuk dapat melaksanakan ikrar yang diucapkan dengan penuh tanggung jawab.

“Ikrar yang diucapkan untuk dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dengan tetap menjaga sikap, perilaku dan tindakan yang tidak mengarah keberpihakan kepada calon atau pasangan calon tertentu,” ajaknya.

Selain itu, kepala OPD di Pemprov Kalbar diharapkan dapat melakukan pembinaan dan pengawasan netralitas ASN masing-masing dengan menjadi contoh dan teladan yang baik bagi bawahan.

“Mari kita bersama-sama sukseskan pilkada serentak di Provinsi Kalbar dengan menggunakan hak pilih kita sebagai warga negara yang baik, kita doakan bersama agar pilkada serentak dapat terselenggara dengan aman, tertib dan lancar,” ujarnya.

Dengan ditekankannya netralitas ASN dan partisipasi masyarakat, diharapkan pilkada serentak di Kalimantan Barat dapat berjalan dengan demokratis, jujur dan adil.

“Mari kita bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif dan damai selama proses pemilihan berlangsung. Semoga pemimpin yang terpilih nantinya dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi Provinsi Kalimantan Barat. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen untuk terus mengawal pelaksanaan pilkada agar berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tuturnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Zaini Sambut Kedatangan Dua Atlet Kapuas Hulu Peraih Medali Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyambut kedatangan dua atlet…

3 hours ago

Pemprov Kalbar Lakukan PKS Optimalisasi Pengawasan dan Penyaluran BBM

KalbarOnline, Pontianak - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi…

3 hours ago

Butuh Dokter Spesialis, Pemprov Kalbar dan UGM Jalin Kerja Sama

KalbarOnline, Pontianak - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) yang diketuai Kepala Biro Pelayanan…

3 hours ago

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

3 hours ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

4 hours ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

17 hours ago