Lima Event Unggulan Kalbar Lolos Seleksi KEN, Siap Melangkah ke Tahap Presentasi

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat telah menerima hasil seleksi administrasi untuk Kalender Event Nasional (KEN). Hasil seleksi tersebut menyatakan ada lima event di Kalbar yang berhasil lolos ke tahap presentasi.

Adapun lima event Kalbar tersebut di antaranya adalah Event Gawia Sowa International Dayak Bidayuh Kabupaten Bengkayang, Cap Go Meh Kota Singkawang,  Festival Seni Budaya Cap Go Meh kota Pontianak, Gawai Dayak Kalbar, Festival Budaya Melayu.

Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mendorong agar event Kalbar yang dinyatakan sudah lolos seleksi administrasi tersebut dapat mempersiapkan diri untuk masuk di tahap selanjutnya.

Selain itu, untuk mematangkan persiapan ke tahap selanjutnya, pemprov melalui Disporapar Kalbar akan melakukan briefing terhadap kelima event ini, sebelum maju presentasi ke Kemenparekraf RI.

“Yang pastinya saya mendorong, agar event yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi ini, dapat mempersiapkan diri dengan matang untuk di tahap selanjutnya,” ujar Windy, Selasa (15/10/2024).

Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari (kiri).

Setelah lolos administrasi, event-event di tiap provinsi ini akan mempersiapkan bahan presentasi, yang akan dipresentasikan 21 November 2024 mendatang.

Pada tahun 2024 total ada 17 event  se-Kalbar yang diusulkan oleh pemprov  melalui Disporapar Kalbar. Windy mengatakan, akan banyak keuntungan yang didapat jika event daerah masuk dalam KEN, yang paling utama adalah terbantu dalam melakukan promosi pariwisata secara luas.

“Selain itu, kita akan diuntungkan oleh promosi dan dukungan event oleh kementrian secara nasional maupun internasional,” tambah Windy.

Selain itu, di tingkat provinsi sebanyak 35 event di Kalbar telah dikurasi masuk dalam Kalender Event Provinsi Kalbar tahun 2024 ini, yang telah di-launching pula oleh Menparekraf Sandiaga Uno pada 23 Februari 2024 lalu. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Mulut APH Jadi Alat Serang Paslon di Pilkada Kalbar? Jaksa Bantah Cawe-Cawe

KalbarOnline, Pontianak - Kampanye hitam atau black campaign semakin bermunculan dalam pesta demokrasi Pilkada Kalbar,…

3 mins ago

Renovasi Lapangan Sepak Bola PSP Dimulai, Target Rampung Desember

KalbarOnline, Pontianak - Renovasi Lapangan Sepak Bola Keboen Sajoek PSP telah dimulai. Pemerintah Kota (Pemkot)…

7 mins ago

Terima Mesin Jahit, Samsumiati Optimis Perekonomian Meningkat

KalbarOnline, Pontianak – Samsumiati (51 tahun) adalah ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Sungai…

8 mins ago

Warga Suka Bangun Ketapang Kompak Bakal Menangkan Sutarmidji Lagi di Pilgub Kalbar 2024

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melanjutkan kampanye dialogis…

10 mins ago

Teaser Drama The Fiery Priest 2 Dirilis, Kim Hae Il dan Geng Makin Menggila

KalbarOnline.com - Drama The Fiery Priest 2 dikonfirmasi kembali dengan sekuelnya setelah sukses dengan bagian…

21 mins ago

4 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Sosok, Pj Gubernur Kalbar Serukan Penanganan Cepat

KalbarOnline, Sanggau - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson, meninjau langsung bencana banjir yang…

1 hour ago