Operasi Zebra Kapuas 2024, Satlantas Polres Kapuas Hulu: Pentingnya Kesadaran Masyarakat Tentang Keselamatan Berlalu Lintas

KalbarOnline, Putussibau –  Pada hari kedua pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2024, Polres Kapuas Hulu melanjutkan upaya meningkatkan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas di wilayah hukumnya.

Operasi ini berlangsung di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Jalan DI Panjaitan nomor 1, Kecamatan Putussibau Utara, pada pukul 09.00 WIB, dengan diikuti oleh personel gabungan dari berbagai instansi terkait.

Kasatlantas Polres Kapuas Hulu, IPTU Cahya menjelaskan, Operasi Zebra Kapuas 2024 dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Kapolres Kapuas Hulu Nomor: Sprin/2488/VX/OPS.1.3./2024 tanggal 12 Oktober 2024.

“Operasi ini dimulai sejak 14 Oktober dan direncanakan berlangsung hingga 27 Oktober 2024, dengan tujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini menjadi semakin penting menjelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024, di mana diharapkan situasi lalu lintas tetap aman dan kondusif,” ucapnya.

Dalam operasi hari kedua ini, sebanyak 39 personel dikerahkan, terdiri dari 25 personil Polres Kapuas Hulu, 2 personel dari Subdenpom XII/1-6 Putussibau, 2 personel Jasa Raharja, 6 personil dari Samsat Kabupaten Kapuas Hulu, dan 4 personel dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu.

“Fokus operasi ini adalah mengawasi beberapa pelanggaran lalu lintas, seperti pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm, serta berkendara di bawah pengaruh alkohol,” kata IPTU Cahya.

Selama kegiatan, dikatakan IPTU Cahya. personel gabungan memberikan edukasi tentang keselamatan berlalu lintas dan membagikan brosur kepada pengendara. Meskipun tidak ada tindakan tilang yang dikeluarkan, namun terdapat 6 teguran diberikan kepada pengendara yang tidak membawa kelengkapan berkendara.

“Ini menunjukkan bahwa meskipun operasi ini lebih bersifat preventif, masih ada pelanggaran ringan yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Kegiatan operasi berlangsung hingga pukul 10.00 WIB dan berjalan dengan aman serta kondusif.

“Diharapkan, melalui kegiatan ini, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berlalu lintas dapat meningkat, serta penegakan hukum yang dilakukan dapat membantu menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di wilayah Kapuas Hulu,” katanya.

“Operasi Zebra Kapuas 2024 ini akan terus dilanjutkan hingga akhir masa pelaksanaan, dengan laporan perkembangan akan disampaikan secara berkala,” pungkasnya. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Teaser Drama The Fiery Priest 2 Dirilis, Kim Hae Il dan Geng Makin Menggila

KalbarOnline.com - Drama The Fiery Priest 2 dikonfirmasi kembali dengan sekuelnya setelah sukses dengan bagian…

7 mins ago

4 Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Sosok, Pj Gubernur Kalbar Serukan Penanganan Cepat

KalbarOnline, Sanggau - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson, meninjau langsung bencana banjir yang…

50 mins ago

Pemkab Kapuas Hulu Akan Berikan Bonus kepada Dua Atlet Disabilitas Peraih Medali di Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini mengucapkan selamat dan rasa bangga…

53 mins ago

Bupati Martin Pimpin Apel Gabungan dan Pengambilan Sumpah Janji 660 PNS Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan memimpin apel gabungan dan pengambilan sumpah janji 660…

55 mins ago

Kelola Anggaran dengan Baik, Kanwil Kemenkumham Kalbar Raih Juara Umum Satker Wilayah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Barat meraih juara…

56 mins ago

Pj Wako Pontianak Ajak Warga Jaga Kondusivitas Pilkada Serentak

KalbarOnline, Singkawang - Kota Singkawang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil)…

59 mins ago