Pemprov Kalbar Akan Beri Bonus Rp 200 Juta Untuk Atlet Peraih Emas di Peparnas ke-XVII

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melakukan penyambutan untuk para pejuang olahraga Kalbar, yang telah berhasil menorehkan prestasi luar biasa di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-XVII Tahun 2024, di Solo, Provinsi Jawa Tengah.

Setelah tiba di Kalimantan Barat, kontingen Kalbar disambut langsung oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, Mohammad Bari dan Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari, di Pendopo Gubernur Kalbar,  Rabu 16 Oktober 2024.

Adapun kontingen Kalimantan Barat pada Peparnas XVII Solo 2024, yakni terdiri dari atlet sebanyak 115 orang, official 49 dari 10 cabor, yakni para atletik,  angkat berat, badminton, bocia, catur, panahan, renang, tenis meja, taekwondo, balap sepeda.

“Hari ini kita menyambut atlet-atlet disabilitas kita yang tergabung dalam  National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kalbar, yang telah berhasil meraih prestasi yang membanggakan di tingkat ajang olahraga tingkat nasional,” ujar Harisson.

Dalam momentum ini,  Harisson mengatakan, bahwa pemprov akan memberikan apresiasi berupa bonus kepada atlet yang telah berhasil meraih medali di ajang Peparnas 2024.

Berdasarkan aturan yang ada, untuk atlet dengan raihan medali emas akan diberikan bonus sebesar Rp 200 juta, untuk peraih medali perak Rp 50 juta, dan medali perunggu sebesar Rp 30 juta.

Sedangkan untuk regu atau tim yang terdiri dari 2 sampai 4 orang, akan mendapatkan bonus sebesar Rp 300 juta untuk raihan medali emas, dan untuk regu yang berhasil meraih medali perak akan mendapatkan bonus sebesar Rp 75 juta.

Adapun prestasi Atlet Kalimantan Barat pada Peparnas XVII Solo Tahun 2024 ini, dengan total raihan medali sebanyak 46 medali yang terdiri dari 16 emas, 15 perak, 15 perunggu.

Raihan medali ini, meningkat drastis jika dibandingkan Peparnas XVI Papua Tahun 2021 sebanyak 34 medali, 8 emas, 18 perak, 8 perunggu.

Begitu pula dalam klasemen keseluruhan, pada Peparnas XVII Solo Tahun 2024, kontingen Kalimantan Barat berada di peringkat ke 11 Nasional, meningkat dari  Peparnas XVI Papua Tahun 2021 di peringkat ke 13 nasional.

Bahkan dua atlet Kalbar berhasil memecahkan rekor nasional, atas nama Abdul Hadi, atlet para angkat berat kelas 49 Kg dengan beban angkatan 171 Kg. Lalu, M Mabruk Arib Zaki atlet angkat berat kelas 59 Kg dengan beban angkatan 157 Kg.

“Terima kasih atas dedikasi dan perjuangan Atlet, Pelatih dan Official Paralimpiade Provinsi Kalimantan Barat pada Peparnas XVII Solo Tahun 2024. Tentu saja Pemprov Kalbar dan seluruh masyarakat Kalbar merasa bangga terhadap prestasi atlet-atlet disabilitas kita yang sudah berjuang dalam peparnas,” ujarnya.

Harisson juga berharap, dengan adanya bonus yang diberikan pemprov, semakin memacu semangat para atlet untuk terus berjuang dan berlatih untuk persiapan event olahraga di tingkat nasional hingga internasional.

Bahkan, dikatakan Harisson, dua atlet  paralimpiade Kalbar juga telah berhasil memecahkan rekor nasional dari cabor angkat besi.

“Tentu saja masyarakat Kalbar merasa sangat bangga terhadap capaian atlet Kalbar yang telah berjuang di Solo,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari juga turut memberikan apresiasi kepada kontingen Kalbar yang telah berhasil meraih prestasi membanggakan di ajang olahraga nasional.

Alhamdulillah kemarin sore (15/10/2024), kontingen Peparnas Kalbar yang ikut di Solo sudah kembali lagi ke Kalimantan Barat dalam keadaan sehat semuanya beserta official. Kemarin kita juga langsung menyambut kedatangan para pejuang olahraga Kalbar di Bandara Supadio,” ujar Windy.

Bahkan, dikatakan Windy, dua atlet Kalbar juga telah berhasil memecahkan rekor nasional dari cabor angkat berat yang tentunya mereka akan lanjut ikut pelatnas untuk mempersiapkan diri ke ajang Sea Games 2025.

“Semoga ini menjadikan semangat untuk kita semua, pentingnya untuk terus memberikan semangat untuk para atlet khususnya dari atlet disabilitas agar terus berjuang,” pungkasnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Zaini Sambut Kedatangan Dua Atlet Kapuas Hulu Peraih Medali Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyambut kedatangan dua atlet…

41 mins ago

Pemprov Kalbar Lakukan PKS Optimalisasi Pengawasan dan Penyaluran BBM

KalbarOnline, Pontianak - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi…

53 mins ago

Butuh Dokter Spesialis, Pemprov Kalbar dan UGM Jalin Kerja Sama

KalbarOnline, Pontianak - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) yang diketuai Kepala Biro Pelayanan…

54 mins ago

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

1 hour ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

1 hour ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

14 hours ago