Pemprov Kalbar Gelar Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Hari Pangan Sedunia 2024

Pemprov Kalbar Gelar Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Hari Pangan Sedunia Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak – Berbagai bahan pokok mulai dari beras, telur, daging ayam hingga sayur-mayur dijual dengan harga murah, dalam kegiatan Operasi Pasar Gelar Pangan Murah dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kalimantan Barat.

Puluhan pelaku usaha berpartisipasi dalam gelaran pasar murah tersebut. Tak hanya sembako dan kebutuhan pokok lainnya, pasar murah juga diisi dengan produk olahan pertanian dan peternakan, buah-buahan, serta produk makanan cepat saji.

Pj Sekda Kalbar, Mohammad Barri menyampaikan, kegiatan ini berkaitan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke- 44 Tahun 2024 dengan mengangkat tema “Hak atas Pangan untuk Hidup dan Masa Depan yang Lebih Baik”.

“Sehingga kita harapkan dengan acara yang kita gelar setiap tahun ini,  dapat membantu masyarakat yang ingin membeli Sembako dengan harga yang sangat terjangkau,” katanya saat ditemui usai membuka secara resmi gerakan pangan murah di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Rabu (16/10/2024).

Dirinya menambahkan, bahwa pelaksanaan gerakan pangan murah ini juga melibatkan beberapa stakeholder terkait diantaranya penyedia jasa dan juga Bank BPD Kalbar, Bulog serta beberapa pelaku usaha.

“Tujuan salah satunya dalam rangka mengendalikan inflasi di Kalbar dan juga membantu masyarakat untuk mendapatkan sembako untuk keperluan sehari-hari dengan harga yang murah seperti beras, gula, minyak goreng serta beberapa komoditi lainnya,” ujar Bari.

Dia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang cukup tinggi dengan digelarnya kegiatan Gerakan Pangan Murah ini.

“Dengan semangat masyarakat yang begitu tinggi, Saya harapkan kegiatan ini bisa dapat terus berjalan,  dikarenakan ada beberapa orang yang berbelanja tadi mengatakan cukup senang bisa berbelanja disini karena harganya cukup murah,” timpalnya.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Dony Saiful Bahri dalam laporannya menuturkan, bahwa kegiatan gelar pangan murah kali ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang dilaksanakan serentak secara Nasional setiap tanggal 16 Oktober.

“Adapun tujuan dari GPM-HPS untuk, mendekatkan akses pangan kepada masyarakat, menjamin keterjangkauan harga, jumlah dan kualitas pangan yang diakses oleh masyarakat serta sebagai upaya stabilisasi harga pangan dan bentuk aksi pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam pengendalian inflasi di Provinsi Kalimantan Barat,” ungkap Dony.

Selain itu, kegiatan GPM-GPS ini,  menghadirkan beberapa vendor dan mitra-mitra dinas ketahanan pangan yang menyediakan berbagai komoditi bahan pangan kebutuhan masyarakat dan harga yang pasti terjangkau di bawah harga pasar bagi masyarakat.

Adapun komoditas yang dijual pada gerakan pangan murah kali ini adalah beras premium sebanyak 6 ton dengan kisaran harga Rp 60.000/5 Kg setara Rp 12.000/Kg, beras lokal Kalbar sebanyak 2 ton dengan harga Rp 50.000/5 Kg setara Rp 10.000.000/Kg, beras SPHP dari Bulog/Bapanas sebanyak 2 ton dengan harga Rp 12.000/Kg.

“Kemudian gula pasir Rp 15.000/Kg, minyak goreng Rp.15.000/liter, cabai, bawang merah, komoditi perikanan serta masih banyak komoditi lainnya, bapak/Ibu silahkan membeli sesuai kebutuhan,” kata Dony. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Zaini Sambut Kedatangan Dua Atlet Kapuas Hulu Peraih Medali Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyambut kedatangan dua atlet…

3 hours ago

Pemprov Kalbar Lakukan PKS Optimalisasi Pengawasan dan Penyaluran BBM

KalbarOnline, Pontianak - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi…

3 hours ago

Butuh Dokter Spesialis, Pemprov Kalbar dan UGM Jalin Kerja Sama

KalbarOnline, Pontianak - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) yang diketuai Kepala Biro Pelayanan…

3 hours ago

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

3 hours ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

3 hours ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

17 hours ago