Produksi dan Luas Panen Padi di Kalbar Tahun 2024 Meningkat

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari memberikan sambutan dalam acara release Berita Resmi Statistik (BRS) Luas Panen dan Produksi Padi, di Aula Kantor BPS Kalbar, Selasa (15/10/2024).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengapresiasi langkah Badan Pusat Statistik (BPS) atas agenda tersebut, sebagai wujud keterbukaan terhadap informasi pemerintahan dan capaian-capaian yang diraih.

“Semoga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaan acara ini dapat tercapai dan berdampak positif bagi semua pihak yang berkepentingan dan terlebih untuk menunjang pelaksanaan percepatan pembangunan di Kalbar,” ucap Bari.

Ia mengatakan, bahwa BPS hari ini melakukan rilis yang memuat berita resmi statistik terkait angka luas panen dan produksi padi Provinsi Kalbar tahun 2024.

“Pemerintah sangat berkomitmen dan menaruh perhatian serius pada sektor pertanian, dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, dan mewujudkan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani,” katanya.

Sebagaimana diketahui bersama, pada press release tahun 2023 yang lalu, luas lahan panen seluas 224.068,52 Ha, produktivitas (kuintal/ha) 31,5 Ha, dan produksi sebanyak 700.290,80 ton.

“Oleh karenanya penting bagi kita bersama untuk tetap konsisten menjaga kondisi lahan yang sudah baik dan produktif serta pertumbuhan produksi,” tutup Bari.

Sementara itu, Kepala BPS Kalbar, Muh Saichudin mengungkapkan, luas panen padi 2024 diperkirakan sekitar 255,11 ribu Ha dan untuk produksi padi diperkirakan sebesar 799,99 ribu ton.

“Luas panen padi mengalami peningkatan sebanyak 31,04 ribu hektare atau 13,85% dibandingkan tahun 2023 sebesar 224,068 ribu hektare. Sedangkan produksi padi meningkat sebanyak 99,07 ribu dibandingkan tahun 2023 yang sebesar 700,290 ribu ton,” tutupnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Zaini Sambut Kedatangan Dua Atlet Kapuas Hulu Peraih Medali Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyambut kedatangan dua atlet…

3 hours ago

Pemprov Kalbar Lakukan PKS Optimalisasi Pengawasan dan Penyaluran BBM

KalbarOnline, Pontianak - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi…

3 hours ago

Butuh Dokter Spesialis, Pemprov Kalbar dan UGM Jalin Kerja Sama

KalbarOnline, Pontianak - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) yang diketuai Kepala Biro Pelayanan…

3 hours ago

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

3 hours ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

3 hours ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

17 hours ago