Dorong UMKM, Krisantus Kurniawan: Bank Kalbar Harus Jemput Bola Untuk Majukan Usaha Kecil

KalbarOnline, Pontianak – Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Krisantus Kurniawan menekankan pentingnya peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendorong perekonomian Kalbar.

Bersama Calon Gubernur Kalbar nomor urut 02, Ria Norsan, Krisantus berkomitmen untuk memberikan perhatian serius terhadap pengembangan UMKM, terutama dengan keterlibatan lebih aktif dari Bank Kalbar.

“Bank Kalbar, sebagai bank milik pemerintah daerah, harus jemput bola dalam mendukung UMKM. Tidak bisa hanya berdiam diri dengan membagikan selebaran atau literatur, tapi harus langsung turun ke lapangan,” ujar Krisantus.

Ia mencontohkan, pedagang kecil seperti penjual pecel lele dan martabak yang sering kali tidak paham bagaimana cara mengajukan kredit usaha. Menurutnya, edukasi langsung harus diberikan kepada pelaku UMKM agar mereka dapat berkembang.

Krisantus menegaskan, jika dirinya dan Ria Norsan terpilih, mereka akan meminta Bank Kalbar untuk mendatangi kelompok-kelompok usaha kecil.

“Kita harus edukasi mereka tentang bagaimana cara mengakses kredit UMKM. Banyak yang hanya fokus bertahan hidup tanpa mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan usahanya. Ini tugas pemerintah untuk memastikan mereka punya peluang untuk maju,” tambahnya.

Visi ini menempatkan UMKM sebagai salah satu pilar utama pembangunan ekonomi daerah. Krisantus yakin bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, pelaku usaha kecil bisa naik kelas, dari usaha kecil menjadi usaha menengah, bahkan lebih besar lagi.

“Ini bukan hanya soal bertahan hidup, tapi bagaimana kita bisa mengubah usaha kecil menjadi penggerak ekonomi daerah,” tuturnya.

Selain fokus pada UMKM, Krisantus juga menyinggung program-program lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti peningkatan infrastruktur, kesejahteraan tenaga pendidik dan kesehatan, serta upaya pengaturan tambang emas tanpa izin agar lebih menguntungkan daerah.

Dengan program-program yang berpihak kepada masyarakat kecil, terutama UMKM, pasangan Ria Norsan-Krisantus optimis dapat membawa perubahan signifikan bagi perekonomian Kalbar ke depan. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bawaslu Hentikan Dugaan Pelanggaran Pidana Oknum ASN dan Ketua PMI Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Barat menghentikan penyelidikan dugaan pelanggaran pidana pemilu…

2 hours ago

Satreskrim Polres Kapuas Hulu Bongkar dan Bakar Lokasi Judi Sabung Ayam di Penemur Boyan Tanjung

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, IPTU Rinto Sihombing bersama anggota Sub…

2 hours ago

Polres Kapuas Hulu Partisipasi dalam Donor Darah Hantaru 2024

KalbarOnline, Putussibau - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan melalui Kasi Dokkes Polres Kapuas Hulu, Aipda…

2 hours ago

Windy dan Pemuda Kalbar Berbagi Ceria Bersama Anak Pejuang Kanker dan Thalasemia

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangkaian Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Barat,…

2 hours ago

Kalbar Miniatur Indonesia, Ria Norsan-Krisantus Kurniawan untuk Semua

KalbarOnline, Pontianak – Dalam acara penyampaian visi misi di salah satu stasiun televisi lokal, calon…

3 hours ago

Norsan Ajak Masyarakat Kalbar Makmurkan Masjid Lewat Gerakan Umat Islam

KalbarOnline, Kubu Raya - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalimantan Barat, Ria Norsan bersilaturahmi sekaligus…

3 hours ago