Calon Advokat Jalani Pendidikan Khusus Profesi

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 29 sarjana hukum mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Kota Pontianak.

Pendidikan khusus angkatan ke XXIV bekerja sama dengan Program Studi Magister Hukum (PSMH) Untan ini dilaksanakan di Aula Magister Hukum Untan, 19 Oktober 2024 hingga 9 November mendatang.

Ketua Panitia PKPA Angkatan XXIV, Mariana Wina Megawati mengatakan, pendidikan khusus profesi yang diadakan tersebut merupakan program rutin dan berkelanjutan untuk mempersiapkan calon-calon advokat sebagai penyandang profesi officium nobile (Profesi Terhormat).

“Para peserta nantinya kita harapkan siap menghadapi tantangan global terutama di bidang advokasi hukum. Mereka kita bimbing untuk siap menghadapi dinamika permasalahan hukum dalam masyarakat yang terus berkembang,” kata Wina, begitu Advokat perempuan ini disapa.

Wina yang memang menjabat sebagai anggota bidang PKPA di DPC Peradi Pontianak ini mengucap syukur, bahwa calon peserta melebihi dari target yang dipatok panitia sebanyak 18 peserta.

“Puji Tuhan, tadinya kami menargetkan 18 peserta, tetapi ternyata di minggu-minggu terakhir diikuti 27 peserta pendidikan,” ucapnya dan menerangkan ada tambahan dua peserta lainnya menjadi 29 peserta.

Sementara, Wakil Ketua I DPC Peradi Pontianak, Arief Tridjoto juga menyatakan kegembiraannya melihat antusiasme calon advokat mengikuti pendidikan khusus profesi. Menurutnya, advokat sudah selayaknya disiapkan sejak awal dengan ilmu-ilmu hukum yang senantiasa berkembang mengikuti zaman. Dia berharap ada semacam simbiosis mutualisme dari pendidikan profesi ini baik kepada peserta didik, pemateri maupun penyelenggara.

Arief Tridjoto merupakan salah satu dari belasan pemateri yang mengisi pendidikan profesi ini. Pada hari pertama, advokat angkatan 2002 ini menyampaikan materi Hukum Acara Perdata.

Selain Hukum Acara Perdata, ada materi Strategi Beracara di Pengadilan, Perancangan dan Analisis Kontrak yang akan disampaikan oleh Aktris Nuryani, Hukum Acara Peradilan Agama, Peradilan Hubungan Industrial dan Teknik Wawancara dengan Klien.

Selain itu, materi Pendidikan Khusus Profesi Advokat ini juga akan disampaikan oleh Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko yang membawakan materi Hukum Acara Arbitrase dan ADR. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Silaturahmi ke Ponpes Hidayaturrahman Ketapang, Midji Bagikan Pengalaman Hidup dengan Para Santri

KalbarOnline, Ketapang - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi ke Pondok…

2 hours ago

Tips Efektif Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Medis

Flek hitam di wajah sering menjadi masalah yang mengurangi rasa percaya diri. Penyebabnya bisa beragam,…

2 hours ago

Lisa BLACKPINK Bakal Gelar Fanmeeting di Jakarta, Penggemar Keluhkan Harga Tiket Mahal

KalbarOnline.com - Lisa BLACKPINK akan segera menggelar fanmeeting-nya di Jakarta, tepatnya pada 15 November 2024 di…

3 hours ago

Bantah Berita Opini Keterlibatan Leo di RS Sandai, Tim Hukum 01: Ajak Masyarakat dan Paslon Berpolitik Santun

KalbarOnline, Ketapang - Adanya pemberitaan di sejumlah media yang mengaitkan calon Wakil Bupati Ketapang nomor…

3 hours ago

Tim Satgas TMMD Kodim Putussibau Gunakan Alat Berat Pasang Gorong-gorong di Desa Selaup

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Tim Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 1206/Psb…

3 hours ago

Total Ada 32 Episode, Simak Sinopsis Drama China Kill Me Love Me

KalbarOnline.com - Drama China Kill Me Love Me menceritakan tentang Pangeran Murong Jing He yang diperankan…

3 hours ago