Petani Milenial Asal Sukabumi Akhirnya Dapatkan Legalitas Tanahnya melalui Reforma Agraria

KalbarOnline, Bekasi – Ribuan warga Jawa Barat, khususnya dari Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Sukabumi, menerima sertifikat tanah dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Rabu (16/10/2024).

Suasana penuh kebahagiaan menyelimuti mereka yang hadir di President University Convention Center, Kabupaten Bekasi. Pasalnya, banyak yang tak menyangka akhirnya bisa memiliki sertifikat hasil program Reforma Agraria.

Seperti yang diutarakan Purnama Wijaya (42 tahun), seorang petani asal Kabupaten Sukabumi. Ia mengaku telah menanti kepastian hukum hak atas tanahnya selama 27 tahun. Akhirnya, Reforma Agraria yang dalam hal ini dengan redistribusi tanah menjadi jawaban bagi dirinya menyelesaikan legalisasi tanahnya.

“Luar biasa saya sangat senang sekali, bahagia, terima kasih buat BPN Kabupaten Sukabumi sudah membantu proses sertifikasi ini karena kita sudah menunggu sudah 27 tahun untuk mendapatkan sertifikat ini,” kata Purnama Wijaya.

Dengan adanya sertifikat tanah, Purnama merasa tanah dengan luas 2.700 meter persegi yang ia garap selama ini telah mendapatkan hal legalitas, sehingga dirinya dapat merasa lebih tenang menggarap tanahnya.

“Ini prosesnya kita mulai di 2021 sudah mulai pendataan, dari 1997 sebenarnya sudah mulai kita bernego sama pemerintah. Sampai akhirnya kita dibantu pemerintah melalui program TORA (Tanah Objek Reforma Agraria, red) dan alhamdulillah terlaksana sampai hari ini kita mendapat sertifikat,” ucap Purnama Wijaya.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak ke Pak Menteri AHY juga kepada Bapak Presiden Jokowi, terima kasih banyak. Ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan semoga kebaikan Bapak semua dibalas oleh Allah dengan beribu-ribu kebaikan,” pungkas Purnama Wijaya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Total Ada 32 Episode, Simak Sinopsis Drama China Kill Me Love Me

KalbarOnline.com - Drama China Kill Me Love Me menceritakan tentang Pangeran Murong Jing He yang diperankan…

29 mins ago

Calon Advokat Jalani Pendidikan Khusus Profesi

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 29 sarjana hukum mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan…

58 mins ago

Midji Komitmen Lanjutkan Pembangunan Jalan Provinsi di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melanjutkan kampanye dialogis…

1 hour ago

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata: Nutrisi Penting untuk Penglihatan Optimal

KalbarOnline.com - Mata adalah salah satu organ vital yang memerlukan perawatan khusus agar tetap sehat.…

2 hours ago

Nikita Mirzani Beri Pesan Buat Vadel Badjideh Usai Polisi Kantongi Hasil Visum Lolly

KalbarOnline.com - Setelah polisi mengantongi hasil visum Laura Meizani Mawardi atau akrab disapa Lolly, Nikita…

3 hours ago

Lebih Dekat dengan Masyarakat, Norsan Ditemani Ojol Blusukan ke Pasar Flamboyan

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan blusukan ke Pasar…

3 hours ago