Categories: Pontianak

Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I Capai 75 persen, Wako Edi Harap Sudah Bisa Berfungsi Desember Ini

KalbarOnline, Pontianak – Pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I ditargetkan rampung pada bulan Maret tahun 2024. Kendati demikian, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono berharap jika proses pembangunan dapat dipercepat menjadi bulan Desember tahun ini.

“Duplikasi Jembatan Kapuas I sangat dinantikan masyarakat, jadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Progres setiap hari dipantau, saya monitor dari laporan dan di lapangan, kondisi dan permasalahan secara langsung,” terangnya, Senin (11/09/2023).

Progres pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I menurutnya sudah mencapai 75 persen. Pekerjaan pun, tinggal memasang rangka baja serta pengecoran.

Ia menyebut, jika material dan kondisi cuaca lancar, maka bulan Desember duplikasi Jembatan Kapuas I bisa berfungsi.

“Sekarang 75 persen jadi. Mudah-mudahan material dan cuaca menunjang. Pekerjaan sisa pemasangan rangka baja dan pengecoran,” sebut Edi.

Selain jembatan, traffic management juga menjadi perhatian pihaknya. Kemacetan memang akan terurai apabila duplikasi Jembatan Kapuas I nanti sudah rampung, walau akan lebih optimal dengan pelebaran Jalan Sultan Hamid II.

Edi menerangkan, sistem lalu lintas di persimpangan tengah ditata guna memaksimalkan fungsi traffic management.

Tak hanya Jembatan Kapuas I, Jembatan Kapuas II dan III pun tak luput dari perhatiannya. Jika kedua jembatan tersebut ikut diduplikasi, kemacetan di Pontianak turut berkurang. Rencana ini, kata Edi, tengah digodok pada level Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Misalnya dengan pengaturan traffic jumlah kendaraan dari Tanjung Raya II, lampu hijaunya diperlambat. Kalau sore sebaliknya. Sistem pengaturan bisa diprogram melihat situasi di lapangan,” jelasnya.

54,2 persen penduduk Indonesia tinggal di kota. Tidak ada aturan pembatasan kendaraan membuat beban jalan meningkat. Produsen kendaraan begitu banyak dengan berbagai merek. Harganya pun terjangkau, satu orang bisa membeli lebih dari satu. Masalah kemacetan juga menjadi persoalan bagi kota lain di Indonesia.

“Menurut saya, jika tidak diimbangi dengan perkembangan wilayah, konsep tata ruang, tidak selesai (masalah kemacetan),” ucapnya.

Di tengah persoalan tersebut, Pemkot Pontianak juga sedang mencari solusi, salah satunya pembangunan Jembatan Garuda. Jembatan yang rencananya akan membentang dari Jalan Bardan Hadi ke Siantan. Kurangnya pendanaan menghambat proses pembangunan untuk mengurai macet.

Menjawab tantangan tersebut, diperkenalkan alternatif pengadaan proyek infrastruktur yaitu melalui mekanisme Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Investor perlu uang dikembalikan. Caranya dengan sistem tarif tol. UU menyebut tol dikelola pemerintah pusat. Sekarang masih mencari solusi bersama. Yang paling penting aktivitas masyarakat lancar, pertumbuhan ekonomi baik,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Daftar 5 Drama Korea Terbaru Oktober 2024, Ada Hellbound 2

KalbarOnline.com - Sejumlah drama korea terbaru akan tayang mulai bulan Oktober. Beberapa drama merupakan spin-off atau cerita baru dari…

26 mins ago

Logistik Bilik Suara Untuk Pilkada Kapuas Hulu Dikawal Ketat Polisi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Polres Kapuas Hulu melaksanakan pengawalan ketat terhadap logistik pemilu berupa bilik…

2 hours ago

8 Tips Mendapatkan Kulit Sehat dan Cerah, Simak Selengkapnya!

KalbarOnline.com - Memiliki kulit yang sehat dan cerah merupakan dambaan banyak orang, terutama perempuan. Namun,…

2 hours ago

Lima Tahun Sutarmidji Pimpin Kalbar Pembangunan Sambas Makin Maju, Prabasa: Jembatan Sungai Sambas Terwujud, Jalan Semakin Mulus

KalbarOnline, Pontianak - Anggota DPRD Kalimantan Barat asal daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Sambas, Prabasa Anantatur…

3 hours ago

Diskumdag Tandai 27 Kios dan Los Tunggak Sewa, Lewat Tiga Hari Tak Bayar Bakal Benar-benar Digembok

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak melakukan penempelan banner…

3 hours ago

Pj Wali Kota Pontianak Imbau ASN Gencarkan Gerakan Tanpa Plastik

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar apel memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh…

3 hours ago