Polres Ketapang Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024

KalbarOnline, Ketapang – Polres Ketapang jajaran Polda Kalbar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2024 di halaman Mapolres Ketapang, Jalan Brigjen Katamso Nomor 01 Ketapang, pada Senin (26/08/2024) pukul 07.30 WIB.

Apel gelar pasukan ini diadakan sebagai salah satu bentuk kesiapan Polres Ketapang dalam mengamankan seluruh tahapan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) 2024 di wilayah Kabupaten Ketapang.

Apel gelar pasukan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian, dan diikuti oleh Pejabat Utama Polres Ketapang, seluruh jajaran personel Polres Ketapang serta perwakilan dari Pemda Ketapang, perwakilan Ketua DPRD Ketapang, Pasi Ops Kodim 1203 Ketapang, Danlanal Ketapang Letkol Laut Ivan Halim, Kasat Pol PP Ketapang, dan instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, kapolres menyampaikan bahwa operasi mantap praja merupakan bagian dari kegiatan Polres Ketapang untuk menjamin pelaksanaan pemilu kepala daerah yang aman, damai dan kondusif.

“Digelarnya Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Tahun 2024 ini sebagai bentuk kesiapan Polres Ketapang bersama TNI, Pemda Ketapang serta jajaran terkait dalam mengamankan penyelenggaraan pemilu kepala daerah tahun 2024 ini,” katanya.

“Kita semua yang hadir di sini memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa seluruh tahapan Pemilukada dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Tugas ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Polri, tetapi juga membutuhkan sinergi dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait,” terang Tommy Ferdian.

Dalam operasi mantap praja ini, Polres Ketapang menerjunkan ratusan personel yang disebar di berbagai titik strategis, termasuk di kantor-kantor penyelenggara peilkada, obyek vital, lokasi-lokasi rawan gangguan kamtibmas serta nantinya di tempat pemungutan suara (TPS).

Selain itu, patroli gabungan juga akan dilakukan secara intensif untuk memastikan situasi tetap kondusif selama masa kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan suara.

Kapolres juga mengingatkan seluruh personel untuk tetap mengedepankan sikap profesional, netralitas dan integritas dalam menjalankan tugas pengamanan.

“Netralitas Polri adalah harga mati. Kita harus memastikan bahwa tidak ada keberpihakan atau intervensi dalam proses pemilukada. Jangan underestimate dan tetap siaga dalam merespon segala bentuk dinamika situasi yang ada. Tugas kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya dengan pasti dan tenang,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari TNI dan instansi terkait lainnya juga menyampaikan komitmen mereka untuk mendukung penuh upaya Polres Ketapang dalam menciptakan situasi yang aman dan damai selama Pemilukada 2024.

“Kodim 1203 Ketapang bersama Lanal Ketapang siap bersinergi dengan Polri dalam menjaga keamanan pemilukada, demi terciptanya demokrasi yang sehat dan berintegritas di Kabupaten Ketapang,” ujar perwakilan TNI.

Apel gelar pasukan ini diawali dengan pemeriksaan pasukan, amanat pimpinan apel serta pemeriksaan sarana prasarana dan yang akan digunakan selama operasi. Kapolres Ketapang menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan koordinasi yang baik antar satuan tugas, sehingga setiap potensi gangguan keamanan dapat segera diantisipasi dan ditangani dengan cepat.

Dengan dilaksanakannya gelar pasukan operasi mantap praja ini, Polres Ketapang siap mengamankan seluruh tahapan pilkada 2024 di wilayah Kabupaten Ketapang, sehingga dapat berjalan dengan aman, tertib, dan sukses. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Hadiri Pembukaan PON XXI Aceh: Harisson Ingin Kalbar Jadi Tuan Rumah Kedepannya

KalbarOnline, Aceh - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson bersama Pj Ketua TP PKK Provinsi…

4 mins ago

Pj Gubernur Harisson Kunjungi Penginapan Atlet PON XXI di Medan

KalbarOnline, Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson didampingi Pj Ketua TP PKK Provinsi…

6 mins ago

Menteri AHY Komitmen Tuntaskan Program PTSL, Reforma Agraria dan Pemberantasan Mafia Tanah

KalbarOnline, Kalteng - Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Agus…

9 mins ago

Menteri AHY Siapkan Baseline Program Pertanahan dan Tata Ruang untuk Transisi Kepemimpinan

KalbarOnline, Balikpapan - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

24 mins ago

Menteri AHY Berhasil Pertahankan Disertasi tentang Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi SDM

KalbarOnline, Surabaya - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

26 mins ago

Tunggakan Pedagang Pasar Flamboyan dan PSP Capai Rp 1,5 Miliar

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak menyisir para pedagang…

29 mins ago