Tegas! Polsek Boyan Tanjung Larang Aktivitas PETI di Dusun Penemur I Desa Teluk Geruguk 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kepala Polsek Boyan Tanjung, IPTU Widiharso,  menggelar sosialisasi dan imbauan kepada para pekerja Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Dusun Penemur I, Desa Teluk Geruguk, Kecamatan Boyan Tanjung, Kabupaten Kapuas Hulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif dari aktivitas PETI serta memberikan pemahaman tentang ancaman pidana bagi pelaku pertambangan ilegal.

Dalam kegiatan tersebut, IPTU Widiharso menekankan pentingnya menghentikan aktivitas PETI demi menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem sungai yang sangat rentan terhadap kerusakan.

“Mengajak para pekerja untuk segera beralih ke pekerjaan legal yang tidak merusak alam dan tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya, Senin (16/09/2024).

Selain itu, ia mengingatkan, bahwa pelanggaran terhadap larangan PETI dapat dikenakan sanksi pidana berupa hukuman penjara selama lima tahun serta denda sebesar Rp 100 miliar. Ia juga mengingatkan, bahwa Polri akan bertindak tegas terhadap siapapun yang masih nekat menjalankan aktivitas PETI di wilayah hukum Polsek Boyan Tanjung.

Guna memperkuat pesan yang disampaikan, personel Polsek Boyan Tanjung, termasuk Ps Kanit Binmas Bripka Heri Gunawan, Bhabinkamtibmas Briptu Wahyu Januardi, Briptu M Rizqi Islahudin dan Bripda Abang Azril Asrori, turut serta membawa banner larangan PETI. Mereka berkeliling di area pertambangan untuk memastikan pesan ini sampai kepada seluruh pekerja.

IPTU Widiharso berharap, imbauan ini dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk menjaga lingkungan dan mematuhi hukum yang berlaku, demi terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Boyan Tanjung. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

13 hours ago