Besok, Bawaslu Kalbar Panggil Oknum ASN Terkait Video Viral Dugaan Kampanye di Sekolah

KalbarOnline, Pontianak – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat akan memanggil oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga terlibat dalam kampanye praktis di salah satu SMA di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Komisioner Bawaslu Kalbar, Uray Juliansyah menyebutkan, oknum ASN yang dijadikan sebagai terlapor tersebut adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Ketua PMI Kalbar, kepala sekolah dan kepala biro.

“Besok kita akan mengundang mereka untuk klarifikasi. Apakah mereka datang atau tidak, itu urusan belakangan, yang penting kita undang dulu,” ungkap Uray, Senin (14/10/2024).

Uray menekankan, bahwa pemanggilan ini dilakukan untuk meminta keterangan oknum tersebut mengenai dugaan keterlibatan mereka dalam video viral tersebut.

“Terkait video oknum ASN yang viral, kami telah melakukan rister kemarin, tanggal 13 Oktober. Setelah rister, jika ada dugaan pelanggaran pidana pemilihan, kami akan membahasnya di gakkumdu dalam waktu 1×24 jam,” ujarnya.

Uray menegaskan, bahwa bawaslu terus bergerak menindaklanjuti kasus dugaan pelanggaran netralitas oknum ASN tersebut. Ia juga menyebutkan, bahwa pihaknya sudah melakukan penelusuran ke lapangan untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin, agar informasi yang diperoleh komprehensif.

“Bahan pelapor akan kami jadikan sebagai bukti tambahan, baik dari keterangan pelapor maupun dari oknum yang bersangkutan,” tambah Uray.

Jika temuan tersebut benar adanya, maka oknum ASN tersebut akan mendapat ancaman pidana Pasal 1 Ayat 88 juncto Pasal 71 Ayat 1, serta Pasal 187 Ayat 3 juncto Pasal 69 huruf H dan I UU Pilkada. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Sekda Zaini Sambut Kedatangan Dua Atlet Kapuas Hulu Peraih Medali Peparnas

KalbarOnline, Putussibau - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menyambut kedatangan dua atlet…

3 hours ago

Pemprov Kalbar Lakukan PKS Optimalisasi Pengawasan dan Penyaluran BBM

KalbarOnline, Pontianak - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pemerintah Provinsi…

3 hours ago

Butuh Dokter Spesialis, Pemprov Kalbar dan UGM Jalin Kerja Sama

KalbarOnline, Pontianak - Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) yang diketuai Kepala Biro Pelayanan…

3 hours ago

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

4 hours ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

4 hours ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

17 hours ago