Norsan-Krisantus Siapkan Regulasi Khusus Atur Investor untuk Serap Tenaga Kerja Lokal

KalbarOnline, Sintang – Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 2, Ria Norsan dan Krisantus Kurniawan akan merancang regulasi khusus untuk penyerapan tenaga kerja lokal di setiap investasi yang masuk di Kalimantan Barat.

Hal ini, kata Krisantus penting diterapkan, mengingat selama ini di setiap investasi yang masuk ke Kalbar belum memberikan ruang berkarya serta pemberdayaan bagi putra daerah.

“Serapan tenaga kerja lokal rendah. Bahkan mereka tidak diberikan posisi yang bagus. Hanya diberikan jabatan-jabatan rendah,” kata Krisantus, saat Rakercabsus PDIP di Kabupaten Sintang, Minggu (13/10/2024).

Dia mengatakan, investasi yang masuk di Kalbar cukup banyak. Baik di bidang perkebunan dan pertambangan serta lainnya. Namun sayangnya, hal ini tidak diikuti dengan penerapan aturan yang detail terkait serapan tenaga kerja lokal.

“Tapi selama ini tidak menyerap tenaga kerja lokal. Karena regulasi yang ada tidak detil mengatur. Persentasenya hanya mengatur jumlah bukan jabatan,” ujarnya.

Maka itu, sambung Krisantus, di masa pemerintahannya bersama Ria Norsan jika terpilih sebagai Gubernur dan Wagub Kalbar, akan diatur sedemikian rupa investasi yang masuk agar ikut menyumbang tingkat serapan ketenagakerjaan.

“Nantinya akan kita atur untuk menyerap ketenagakerjaan. Pemerintah harus tegas mengawal investasi di Kalbar dalam bentuk apapun,” tegasnya.

Dia menegaskan, nantinya para investor tersebut akan dikumpulkan untuk dievaluasi. Mereka akan dimintai komitmen terkait sumbangsih perusahaan di Kalbar tersebut.

“Kita evaluasi berapa tenaga kerja lokal yang sarjana yang diserap. Kami atur dengan sebuah regulasi. Kalau mau tanam modal, ini syarat kami. Kalau tak mau ikut, silahkan angkat kaki dari Kalbar,” pungkasnya. (**)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Heryandi Buka Forum Konsultasi Publik RSUD Agoesdjam Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Ketapang, Heryandi membuka Forum…

13 mins ago

Doa dan Harapan Warga Muara Pawan Ketapang Agar Midji-Didi Menang dan Kembali Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji melaksanakan kampanye dialogis…

18 mins ago

Kebiasaan Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur dan Dampaknya bagi Kesehatan

KalbarOnline.com - Penggunaan ponsel sebelum tidur telah menjadi kebiasaan umum di era digital, baik untuk…

14 hours ago

Tips Mengencangkan Wajah Secara Alami, Bisa Langsung Dicoba

KalbarOnline.com - Menjaga kulit wajah tetap kencang dan sehat menjadi impian banyak orang. Selain menggunakan…

14 hours ago

Midji Ziarah ke Makam Raja Tanjungpura, Napak Tilas Perjuangan Para Tokoh Pemersatu Kalbar

KalbarOnline, Ketapang - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji berziarah ke Komplek…

16 hours ago

Doa Tulus Ria Norsan untuk Kesuksesan Edi Kamtono Pimpin Pontianak Lagi

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Ria Norsan mendoakan secara tulus…

16 hours ago