Wakil Bupati Ketapang Pimpin Pembukaan MTQ ke-31 di Nanga Tayap

KalbarOnline, Ketapang – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-31 tahun 2024 tingkat Kabupaten Ketapang di Kecamatan Nanga Tayap resmi dibuka, pada Selasa (30/07/2024) malam, di halaman Sepakbola Nanga Tayap.

Pembukaan yang ditandai dengan penekanan tombol sirene bersama dan penabuhan beduk tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda Ketapang, para kepala OPD, instansi vertikal, ketua dan pengurus LPTQ Ketapang, camat serta kepala desa dan lainnya.

Masyarakat yang hadir kala itu juga terlihat sangat antusias, untuk menjadi saksi kemeriahan pembukaan MTQ yang sudah lama mereka dambakan digelar di Kecamatan Nanga Tayap.

“Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Ketapang mulai tahun 2024 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Wabup Farhan mengawali sambutan.

Dulu, kata Farhan, setiap MTQ selalu dilaksanakan di Kota Kabupaten Ketapang. Namun pada tahun ini disepakati berpindah di setiap kecamatan.

“Tahun ini kami sepakat berpindah atau bergilir ke setiap kecamatan. Semoga syiar lantunan merdu ayat-ayat Al-Qur’an menjadi inspirasi dan motivasi, tidak hanya di kota tetapi juga menyebar ke seluruh kecamatan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pimpin Rakor Bersama SKPD Terkait Serapan Anggaran, Bupati: Jangan Seperti Tahun Lalu

Wabup memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh masyarakat Kecamatan Nanga Tayap yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

“Artinya (tahun ini) tahun pertama, kebijakan yang diberikan Pemerintah Ketapang beserta dengan LPTQ Ketapang, Kecamatan Nanga Tayap lah yang siap sebagai tuan rumah,” sebutnya.

Dia menilai, pelaksanaan MTQ yang digelar di Kecamatan Nanga Tayap terbilang sangat sukses.

“Rasanya pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Nanga Tayap ini seperti MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” katanya.

Sementara itu, Camat Nanga Tayap sekaligus ketua panitia, Sabran menyebut, rangkaian kegiatan MTQ ke-31 dimulai dengan pawai taaruf, pelantikan dewan hakim, peninjauan bazar UMKM di lokasi mimbar utama MTQ dan pembukaan MTQ pada hari ini.

“Ada 8 cabang yang dilaksanakan pada MTQ ini, dan 7 venue yang akan digunakan kontingen. Adapun kontingen terdiri dari 18 kecamatan dengan jumlah peserta 512 orang, termasuk pendamping dan ofisial,” jelasnya.

Baca Juga :  Wabup Ketapang Hadiri Peringatan Isra Mikraj dan Haul Guru Sekumpul ke-18 di Desa Sui Kinjil 

Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang bersama LPTQ Ketapang dan para donatur yang telah memberikan bantuan untuk suksesnya pelaksanaan MTQ ke-31 di Kecamatan Nanga Tayap tahun 2024.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya MTQ ke-31 tingkat kabupaten ini,” ujarnya.

Selanjutnya sebelum kegiatan ini berakhir, panitia juga menampil tarian kolosal berjudul “Naungan Sangiang” yang menambah suasana malam pembukaan MTQ ke-31 di Kecamatan Nanga Tayap semakin meriah.

Adapun cabang lomba MTQ ke-31 di Kecamatan Nanga Tayap diantaranya yaitu Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Fahm Al-Qur’an, Cabang Syarh Al-Qur’an dan Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an. (Adi LC)

Comment